Gibran Siap Bantu Penjaga SD yang Uang Tabungan Rp 50 Jutanya Dimakan Rayap

kasian banget bapaknya

Gibran Rakabuming (Liputan6.com)
Thu, 15 Sep 2022


Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, mengatakan siap membantu seorang penjaga SD di Solo yang uang tabungan hajinya rusak dimakan rayap. Penjaga SD tersebut sendiri diketahui bernama Samin.

Samin (53), merupakan seorang penjaga Sekolah Dasar (SD) Negeri Lojiwetan No.49 Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah. Samin menjadi viral hingga akhirnya diketahui oleh Gibran dan mendapat bantuan dari Wali Kota Solo tersebut lantaran uang puluhan juta yang sudah ditabungnya selama 2,5 tahun untuk memberangkatkannya Naik Haji justru rusak dimakan rayap.

Samin mengatakan bahwa ia sudah mulai menabung uang demi mewujudkannya menuju tanah suci tersebut sejak 2,5 tahun lalu sebelum adanya Covid-19. Samin juga menceritakan bahwa ia menabung sedikit demi sedikit uangnya dengan memasukkan uang tersebut ke dalam celengan.

Berdasarkan dari cerita Samin, uang tabungannya itu ia bagi ke dalam dua celengan. Celengan yang pertama berwarna hijau dengan isinya mencapai Rp 50 juta dan sudah raib dimakan rayap. Sedangkan pada celengan kedua yang berwarna kuning diketahui tabungan Samin sudah mencapai Rp 49,8 juta. Beruntung, di celengan kedua sebagian besar tabungan Samin masih bisa terselamatkan.

Samin pun kaget dengan apa yang terjadi lantaran celengan tempatnya menabung uang hasil menjual makanan yang dititipkan melalui kantin sekolah itu diletakkannya di tempat tidur. Samin baru menyadari bahwa uang tabungannya raib dimakan rayap setelah ia meminta tolong istrinya untuk membongkar tabungannya tersebut. Samin lalu memotret hal tersebut dan mengunggahnya secara online. Unggahan tersebut pun sampai diketahui oleh Gibran dan membuat Gibran mengeluarkan pernyataan akan membantu Samin.

“Kalau niatnya mau naik haji, nanti tak bantu. Kalau urusan duit Pak Joko (Kepala BI Solo),” ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, hari Rabu kemarin tepatnya pada 14 September 2022.

Melalui kejadian yang dialami Samin ini juga Gibran selaku Wali Kota Solo mengatakan kepada seluruh warga Solo agar menabung dan meletakkan uang tabungannya ke bank. Gibran menyampaikan hal tersebut kepada warga Solo agar kejadian uang tabungan di celengan hilang dimakan rayap tidak lagi terulang.

Makanya podo nabunge neng (pada nabungnya di) bank ya” ujar Gibran

Berita Lainnya