Tabungan Haji Senilai Rp 50 Juta Rusak Dimakan Rayap

Uang tersebut sudah dikumpulkan sejak 2,5 tahun yang lalu

Uang Samin yang rusak dimakan rayap (KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Thu, 15 Sep 2022


Kisah pilu dialami oleh Samin (53), penjaga SDN Lodjiwetan, Solo, Jawa Tengah. Uang yang dengan susah payah dia kumpulkan untuk naik haji rusak dimakan rayap.

Uang tersebut sudah Samin kumpulkan sejak 2,5 tahun yang lalu. Rencananya, uang yang dikumpulkan Samin sejak pandemi Covid-19 akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji bersama istri dan dua anaknya.

"Saya kan punya keinginan daftar haji. Saya punya rezeki sedikit demi sedikit tak masukin ke kaleng itu, kurang lebih sudah 2,5 tahun sebelum covid," kata Samin dilansir dari Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Samin sebenarnya sudah merasa curiga dengan isi celengannya lantaran ia pernah menemukan rayap di celengan tersebut. Setelah dibuka Samin dan keluarga kaget melihat uang tabungannya tersebut habis dimakan rayap.

Uang celengan itu terdiri atas pecahan Rp 5.000, Rp 10 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu.

Warga Solo yang uangnya rusak dimakan rayap (ANTARA/Aris Wasita)

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Surakarta Nugroho Joko Prastowo angkat bicara. Nugroho menyebutkan bahwa BI tidak bisa mengganti semua uang Samin yang rusak lantaran mengalami kerusakan yang parah, pihak BI hanya akan mengganti sebagian.

Mendapati kabar bahwa warganya terancam gagal berangkat haji lantaran uangnya dimakan rayap, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming mengatakan akan membantu mewujudkan keinginan Samin untuk pergi ke tanah suci.

"Kalau niatnya mau naik haji, nanti tak bantu. Kalau urusan duit (uang) Pak Joko (Kepala BI Solo)," ujar Gibran.

Berita Lainnya