Hari Ini Tepat Satu Tahun Masyarakat Indonesia Diimbau Belajar dan Bekerja dari Rumah

Hai Kawula Muda, tetap taati protokol kesehatan ya!

Ilustrasi stay home alias di rumah saja. (FREEPIK)
Mon, 15 Mar 2021

Seiring dengan ditemukannya kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020, yang kemudian diikuti oleh temuan-temuan kasus berikutnya, Presiden Joko Widodo pun mengeluarkan sebuah imbauan.

Imbauan yang disampaikan tepat satu tahun lalu, tepatnya 15 Maret 2020, meminta masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Presiden mengatakan, saatnya bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

“Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, 15 Maret 2020.

Jokowi juga mengatakan, langkah tersebut perlu dilakukan dengan lebih maksimal sehingga Covid-19 bisa ditangani dengan baik dan penyebarannya bisa dihambat serta dihentikan.

Setelah itu, istilah “Stay Home”, “Work From Home”, dan beberapa istilah lainnya yang mengingatkan agar lebih melakukan aktivitas di rumah mulai gencar dikampanyekan.

Ilustrasi Bekerja dari Rumah atau Work From Home (WFH). (FREEPIK)

  

Kasus Covid-19 di Indonesia

Pada 15 Maret 2020, terkonfirmasi ada 117 kasus Covid-19 ditemukan di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, lima orang meninggal dunia dan delapan orang dinyatakan berhasil sembuh setelah dirawat intensif di rumah sakit.

Satu tahun kemudian, yakni hari ini, Senin (15/3/2021), penularan Covid-19 masih belum terjadi dan belum mereda. Satgas Penanganan Covid-19 mencatat, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.419.455.

Dari jumlah tersebut, 137.912 kasus merupakan kasus aktif, sebanyak 38.426 orang meninggal dunia, dan 1.243.117 pasien berhasil sembuh.

Dengan kondisi seperti ini, pemerintah kembali menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang diperpanjang hingga 22 Maret 2021.

Dikutip dari Covid19.go.id, Jumat (12/3/2021), Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta semua pihak untuk mematuhi ketentuan yang disyaratkan selama PPKM Mikro.

“Kami mohon, kepada semua pihak bahwa pandemi ini belum berakhir. Dan kita harus senantiasa dan disiplin dalam mematuhi ketentutan yang berlaku selama pemberlakuan PPKM Mikro,” kata Wiku.

Selain pemberlakukan PPKM Mikro, pemerintah juga tengah menjalani program vaksinasi agar bisa tercapai herd immunity.

Dengan tercapainya herd immunity ditambah semua pihak selalu menaati protokol kesehatan, harapan akan Indonesia segera terbebas dari Covid-19 tentu sangat mungkin terwujud.

Berita Lainnya