Hati-Hati! Modus Penipuan Hipnotis di Mal Masih Marak Terjadi

Masih banyak kasus kaya gini, nih Kawula Muda. Stay safe, yaa!

Ilustrasi penipu (UZONE)
Sat, 04 Jun 2022

Dalam kehidupan, kita tidak bisa menghindari adanya kasus kejahatan. Baik kekerasan fisik, seksual, psikis, dan sebagainya. Apalagi kejahatan dalam bentuk penipuan atau hipnotis.

Tidak melihat berada di mana, kasus hipnotis bisa saja terjadi di pusat perbelanjaan. Kini, banyak beredar kejahatan seperti tersebut terjadi di beberapa pusat perbelanjaan di ibu kota.

Salah satu korban yang mengalami ialah Tahnee, seorang beauty influencer Indonesia. Kejadian ini ia ceritakan dalam Instagram Story-nya beberapa waktu lalu.


Saat itu, dia bersama anak-anaknya pergi mengunjungi Mal Pondok Indah (PIM). Suatu ketika, Tahnee sedang duduk untuk memberikan anaknya minum. Datanglah dua orang pemuda yang menghampirinya dan tiba-tiba menunjukkan sebuah video ke Tahnee dengan gerakan yang tidak wajar.

"Dia ngasih videonya deket banget ke muka gue, gue kayak bener2 hampir nempel ke mata gue.. Otomatis kepala gue mundur," terang Tahne.

Karena Tahnee sedang sibuk mengawasi buah hatinya, dia tidak terlalu jelas apa isi video yang diberikan itu.

Tahnee memberikan ciri khas dari orang aneh yang menghampirinya. Ia mendeskripsikannya seperti orang pada umumnya.

"Sejujurnya orangnya kayak anak muda pada umumnya aja.. kayak orang jalan2 ke mall biasanya gitu.. anak muda umurnya hmmm kayak 25an lah kurang lebih... sopan banget gak ada glagat aneh sama sekali," terangnya saat di wawancarai oleh tim Prambors, Jumat (03/05/2022).

Dia juga mengaku, bahwa lelaki tersebut sempat menyapanya dengan ramah, sebelum menunjukkan video.

"Iya dia nyapa aku bilang 'selamat siang kak boleh minta waktunya sebentar kita mau kasih lihat video ke kakak sebentar ya' gitu," kata Tahnee.

Awalnya, Tahnee mengira mereka adalah orang biasa yang meminta sumbangan atau mahasiswa yang sedang melakukan riset. Dengan sigap, Tahnee pun menolak untuk melihat video yang diberi.

"Gak dulu ya mas," sambil memegang anak-anaknya.

Lelaki satu lagi yang berdiri di kejauhan, memanggil temannya yang sedang duduk di samping Tahnee. Bukannya pergi, kejadian malah semakin aneh, ketika lelaki tersebut meminta foto bersama Tahnee dan anak-anaknya.

"Aku otomatis nolak sambil agak setengah mau bangun dari tempat duduk," tegas Tahnee.

Tindak cepat dari pihak keamanan Mal

Akhirnya, ada seorang wanita yang sudah melapor tentang adanya dua orang tersebut yang mengikuti Tahnee sedari tadi.

"Ibu-ibu ini ngelaporin 2 orang itu ke satpam, karena mereka (sudah) entah mantau atau ngikutin gue dari awal (gue gak ngeh karena sibuk ngeliatin anak-anak gue)," tutur Tahnee.

Sesaat kemudian, satpam Mall PIM menyergap dua orang tersebut di depan Tahnee. Salah satu satpam menanyakan kondisi Tahnee, apakah ada penyerangan atau tidak.

"Tapi, aku salut banget sama pihak PIM karena kerja mereka super cepet banget untuk melindungi pengunjung."

"Karena jujur, kalo security gak cepet itu pasti aku gak tau deh gimana, aku cuma takut anak-anakku aja," ucap Tahnee

Sering terjadi modus penipuan di Mal

Kasus kejahatan seperti ini sudah sering terjadi di mana-mana. Selain di Mal PIM, terdapat kasus yang mirip di Mal Kemang Village. Untungnya, pelaku yang di Mal tersebut sudah ditangkap.

Melihat dari akun Twitter bernama @achietmokoginta, ia mengunggah modus yang di dapati korban.

"Ada yang bilang modusnya ngajak kenalan, nanti kalau kena di ajak ngobrol mereka bakal nge-mall. Ada yang lagi nyusuin di ruang menyusui tetiba ada yang masuk trus main buka tirainya," jelasnya.

Astrid kemudian memberikan imbauan untuk tetap berhati-hati jika bepergian di mana pun itu, termasuk di mall.

"Lebih aware aja apalagi kalau bawa anak anak jangan sampe ke distracted sama orang asing yang berusaha ngalihin perhatian kalian dengan modus liat video atau tetiba mendekat trus ngajak ngobrol," imbaunya.

Duh, selalu tetap waspada ya, Kawula Muda.

Berita Lainnya