Apa Bedanya WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform?

Pernah jualan pake WhatsApp Business ga, Kawula Muda?

Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (FREEPIK)
Sat, 04 Jun 2022

WhatsApp Cloud API. Adapun pengumuman tersebut disebarkan pada acara bertajuk Conversations 2022 yang digelar pada 19 Mei lalu. 

Diketahui, WhatsApp Cloud API adalah alat berbasis cloud yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis secara gratis. Hal itu berguna untuk menjalankan aplikasi WhatsApp Business

Karena itu, fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh hampir seluruh bisnis menengah hingga menengah ke bawah. 

Ilustrasi aplikasi WatsApp. (PIXABAY)

 

Di sisi lain, WhatsApp Business Platform sebenarnya memiliki kemiripan dengan WhatsApp Business. Namun, WhatsApp Business Platform rupanya merupakan fasilitas berbayar, Kawula Muda!

Dari segi fungsi, sebenarnya kedua alat tersebut sama-sama dapat menjadi solusi untuk menunjang komunikasi pebisnis dan konsumen. Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar sehingga WhatsApp Business Platform akan cocok untuk usaha yang telah semakin berkembang. 

Berikut beberapa perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform ya, Kawula Muda!

Perangkat yang Terhubung

WhatsApp Business hanya dapat dipasang di satu smartphone dan 4 perangkat lain saja (misalnya laptop). Di sisi lain, WhatsApp Business Platform dapat terhubung dengan lebih banyak perangkat. 

Hal ini tentu membantu usaha yang sudah berkembang karena dapat mengerahkan lebih dari empat admin untuk melayani para pelanggan. 

Centang Hijau

Berbeda dengan WhatsApp Business, WhatsApp Business Platform akan memberikan tanda centang hijau pada akun perusahaan yang menggunakan jasanya. Dengan kata lain, perusahaan tersebut telah diverifikasi oleh WhatsApp.

Tambahan Fitur

Pada WhatsApp Business Platform, akan terdapat fitur chatbot yang berguna menjawab pertanyaan yang sering diajukan secara otomatis. Fitur broadcast juga ada di dalam layanan WhatsApp Business Platform.

Selain itu, ada pula integrasi dengan tools Customer Relationship Management (CRM), analytics, serta aplikasi pihak ketiga lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Berita Lainnya