Hawaii Dilanda Kebakaran Hutan, Korban Tewas Mencapai 36 Jiwa

Banyak Korban yang melompat ke laut akibat kobaran api yang sangat meluas.

Asap mengepul di wilayah Maui, Hawaii, yang dilanda kebakaran hutan (REUTERS/vince carter)
Fri, 11 Aug 2023

Kebakaran hutan terjadi di wilayah Maui, Hawaii, Amerika Serikat (AS) pada Selasa pagi (08/08/2023) waktu setempat, yang menghanguskan lahan seluas 800 hektar dan memakan korban jiwa sebanyak 36 orang tewas.

“Angin kencang dan kondisi yang kering menempatkan sebagian besar wilayah Hawaii di bawah Red Flag Warning yang berakhir pada Rabu (9/8) malam, dan lebih banyak kebakaran terjadi di Big Island dan Maui,” ungkap laporan Badan Manajemen Darurat Hawaii.

Kebakaran hutan di Hawaii (REUTERS)

 

Kebakaran hutan itu mengakibatkan rumah-rumah, pusat bisnis dan utilitas dalam bahaya. Bahkan lebih dari 35.000 orang yang ada di pulau Maui, Hawaii juga terdampak kebakaran hutan tersebut.

Sejumlah pejabat setempat menyebutkan lebih dari 271 bangunan mengalami kerusakan atau kehancuran di kota Lahaina, kota bersejarah dengan penduduk sebanyak 12.000 jiwa dan sangat popular di kalangan turis itu yang terdampak paling serius akibat kebakaran hutan Maui, Hawaii.

Kebakaran hutan pun juga diperparah dari angin kencang Badai Dora yang melintas jauh hingga ke selatan dan menyebabkan sejumlah mobil terbakar di jalan-jalan dengan tumpukkan puing-puing berasap di mana bangunan-bangunan bersejarah dulunya berdiri.

Josh Green selaku Gubernur Hawaii mengungkapkan, “Sebagian besar wilayah Lahaina di Maui telah hancur dan ratusan keluarga lokal telah mengungsi.”

Dilansir dari CNN Indonesia, dalam kejadian kebakaran hutan di Maui, Hawaii itu banyak yang menyelamatkan diri dengan melompat ke laut akibat semakin meluasnya api dari kebakaran tersebut.

Clin Hansen selaku seorang fotografer yang berada di lokasi menyebutkan Pulau Lahaina (Maui) telah hancur dan banyak orang-orang yang melompat ke laut untuk menyelamatkan dirinya dari kobaran api. Diketahui, para warga yang melompat itu diselamatkan oleh coast guard atau penjaga pantai.

Pihak coast guard di Lahaina juga menyebutkan pihaknya telah banyak menyelamatkan belasan orang yang terjun ke laut akibat kabut dan kobaran api yang semakin meluas.

“Mereka dibawa Coast Guard ke lokasi-lokasi yang aman,” ungkap pihak coast guard.

Kebakaran hutan di Hawaii (REUTERS/Mason Jarvi Handout)


Dilansir juga dari Sindonews, Pemerintah Maui mengatakan, “Saat upaya pemadaman berlanjut, total 36 korban jiwa telah ditemukan hari ini di tengah kebakaran aktif Lahaina.”

Mayjen Kenneth S. Hara dari pihak Departemen Pertahanan negara bagian Hawaii terkait kebakaran hutan mengatakan bahwa angin kencang yang membuat upaya pemadam kebakaran sangat sulit dilakukan sehingga helikopter-helikopter pemadam tidak dapat lepas landas untuk membawa air.

Deputi Direktur Jalan Raya di Departemen Transportasi Hawaii Ed Sniffen juga mengatakan lebih dari 11 ribu orang yang sudah dievakuasi dari Maui.

Berita Lainnya