Hidup dengan Selang, Atlet Berkuda Evie Toombes Gugat Dokter Ibunya

Kawula Muda, Toombes diketahui selama hidupnya harus makan dari selang.

Evie Toombes. (Dok. HORSEANDHOUND)
Mon, 06 Dec 2021

Kawula Muda, seorang atlet berkuda berusia 20 tahun menggugat dokter ibunya—Dr Philip Mitchell—yang lalai sehingga ia mengalami cacat tulang belakang spina bifida. 

Melansir TEMPO.co, Evie Toombes harus mengenakan selang cairan berisi nutrisi makanan sepanjang hidupnya. Pasalnya, Dr Mitchell tidak memberikan saran yang tepat saat ibunya tengah mengandung.

Ibunya pun tak diberitahu bahwa ia harus mengonsumsi suplemen asam folat untuk mengurangi resiko spina bifida pada bayinya. Sementara itu, cara lain yaitu dengan menunda kehamilannya, meski artinya Toombes tidak akan dilahirkan.

Hakim Rosalind Coe QC dalam putusan Pengadilan Tinggi London, Rabu (1/12/2021) lalu mengatakan, "jika ibu Toombes diberi saran yang direkomendasinya dengan benar, dia akan menunda upaya untuk hamil."

Evie Toombes saat mengenakan selang, (INSTAGRAM/EVIE.TOOMBES)


Ia melanjutkan, "Dalam keadaan seperti itu, akan ada pembuahan di kemudian hari, yang akan menghasilkan anak normal yang sehat."

Sementara itu, ibu dari Toombes juga sempat mengatakan kepada Pengadilan, bahwa ia akan mengurungkan niatnya untuk hamil jika Dr Mitchell menasehatinya.

"Saya diberitahu bahwa jika saya memiliki pola makan yang baik sebelumnya, saya tidak perlu mengkonsumsi asam folat," tuturnya.

Hakim pun meminta Dr Mitchell untuk ganti rugi—dengan jumlah yang dapat dipastikan akan sangat besar—mengingat Toombes harus mengeluarkan biaya perawatan seumur hidupnya.

Berita Lainnya