India Bakal Ubah Suara Klakson Kendaraan Jadi Berbunyi Suling

Hai Kawula Muda, kira-kira bakal pada joget enggak ya kalau bunyi klakson diubah jadi suara suling?

Ilustrasi pengendara mobil sedang membunyikan klakson. (KMUW.ORG)
Thu, 09 Sep 2021

Baru-baru ini ramai menjadi pemberitaan tentang India akan membuat aturan baru soal penggunaan klakson yang saat ini dianggap sebagai polusi suara.

Dilansir World of Buzz dari Lokmat pada Sabtu (4/9/2021), Menteri Transportasi dan Jalan Tol India, Nitin Gadkari, mengusulkan agar klakson kendaraan di negeri Bollywood itu berbunyi seperti alat musik lokal.

Usul Gadkari tersebut bertujuan agar suara klakson tidak terdengar bising.

“Saya tinggal di lantai 11 di Nagpur. Saya melakukan pranayama (latihan yoga untuk pernapasan) selama satu jam setiap pagi. Tapi klakson mengganggu kesunyian pagi. Setelah masalah in, pikiran muncul di benak saya bahwa klakson kendaraan harus digunakan dengan benar,” ujar Gadkari.

Gadkari mengatakan, aturan tentang itu segera diselesaikan dan ditujukan langsung ke produsen yang membuat kendaraan baru.

“Kami sudah mulai memikirkannya bahwa suara klakson mobil seharusnya menjadi instrument India dan kami sedang mengerjakannya. Suara instrument seperti tabla, perkusi, biola, terompet, suling, seharusnya yang didengar dari klakson,” ujarnya lagi.

Suasana kemacetan di Delhi, India. (TIMES OF INDIA)

Orang India senang bunyikan klakson

Di India sebenarnya terdapat berbagai zona dilarang membunyikan klakson di jalanan. Berdasarkan aturan yang berlaku di sana, kebisingan klakson tidak boleh melebihi 112 dB. Namun sebagian besar pengemudi tidak mematuhinya.

Dilansir Cartoq, klakson kendaraan menyebabkan polusi suara di seluruh India. Saaran Gadkari mungkin tidak akan benar-benar menyelesaikan permasalahan itu, tetapi setidaknya bisa mengurangi dan tidak lebih mengganggu seperti saat ini.

Masalahnya, apakah orang India mau mengikuti usul Gadkari? Mengingat di India, orang-orang kerap membunyikan klakson di jalan.

Klakson kendaraan pada dasarnya adalah alat untuk mengeluarkan bunyi sebagai sarana komunikasi antarpengemudi di jalanan. Meski demikian, penggunaan klakson bisa berbeda-beda di setiap negara lantaran penyesuaian budaya.

Pengemudi di India banyak menggunakan klakson untuk berbagai hal, misalnya menyapa, memberi tahu posisi, menegur pengemudi lain, dan juga sebagai tindakan mitigasi.

Penggunaan klakson di India juga populer karena ada kebiasaan lain yaitu pengemudi mobil atau truk lebih suka melipat spion untuk menghindari tabrakan.

Berita Lainnya