Indonesia jadi Peringkat Pertama sebagai Negara Paling Malas Jalan Kaki Sedunia

Masyarakat Indonesia rata-rata hanya berjalan 3.513 langkah setiap hari nih Kawula Muda

Ilustrasi jalan kaki (Freepik)
Thu, 14 Jul 2022


Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Stanford University, Amerika Serikat, meneliti aktivitas masyarakat di sejumlah negara. 

Studi tersebut mengungkapkan bahwa negara Indonesia menjadi negara paling malas berjalan kaki di seluruh dunia. Dalam studi ini, masyarakat Indonesia rata-rata hanya berjalan 3.513 langkah setiap hari.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 717.627 orang dari 111 negara di berbagai belahan dunia dalam waktu 95 hari, yang dilakukan dengan cara pelacakan pergerakan smartphone.

Seorang profesor bioteknologi yang merupakan salah satu peneliti studi ini, Scott Delp mengatakan, penelitian ini menggunakan skala besar, karena memang hampir melibatkan seluruh orang di dunia, juga menggunakan survei kesehatan.

Jalan kaki. (FREPIK.COM)

Jika Indonesia menjadi negara nomor satu dengan penduduk yang paling malas jalan kaki, Hongkong justru sebaliknya. Penduduk Hongkong menempati urutan teratas dalam hal jumlah langkah harian, dengan rata-rata warganya berjalan 6.880 langkah setiap hari.

"Sebagai perbandingan, Hong Kong adalah negara yang paling aktif, dengan warganya berjalan kaki rata-rata 6.880 langkah per hari, dibandingkan dengan rata-rata 3.513 di Indonesia," ujar Scott Delp, dilansir dari Standard, Kamis (14/7/2017).

Aktivitas jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan, wajar jika Indonesia menjadi negara yang memiliki tingkat obesitas lebih tinggi, selaras dengan hasil studi sebagai negara paling malas jalan kaki.

Selain Indonesia, negara-negara lain yang dicap sebagai negara paling malas jalan kaki, yakni Arab Saudi (3.807 langkah), Malaysia (3.963 langkah), Filipina (4.008 langkah), Afrika Selatan (4.105 langkah).

Sementara itu, negara dengan jumlah langkah harian terbanyak selain Hongkong adalah China (6.189 langkah), Ukraina (6.107 langkah), Jepang (6.010 langkah), Rusia (5.969 langkah).

Berita Lainnya