Intip Cara Kerja Gas Elpiji 3 KG Pengganti BBM yang Dirakit Siswa SMK

Kawula Muda, ternyata begini cara kerja gas elpiji 3 kg menggantikan bensin.

Motor hasil Modifikasi Pelajar SMK Bondowoso (DETIK)
Thu, 29 Sep 2022


Seorang pelajar asal Bondowoso bernama Rahmat Wahyudi berhasil membuat sebuah inovasi baru.

Rahmat yang berasal dari SMK PGRI 2 Bondowoso membuat sebuah modifikasi bahan bakar, yaitu menggunakan gas elpiji 3 KG sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Hasil Inovasi Motor Berbahan Bakar Elpiji (RRI)

  

Hal ini merupakan respons atas kenaikan BBM bersubsidi yang dirasa memberatkan banyak pihak, Kawula Muda. Faktanya, ide tersebut merupakan hasil implementasi ide seorang anggota DPRD Bondowoso oleh Rahmat beserta kawan-kawan.

Bambang Suwito, anggota DPRD Bondowoso yang mencetuskan mengungkapkan bahwa ia telah memikirkan ide tersebut sejak lama, loh.

"Saya memang senang otomotif. Saya coba otak-atik, hingga ketemu teknik itu,” ucap Bambang, warga sekaligus Mantan Kepala Desa Kupang, Pakem, mengutip Detik (26/09/2022).

Teknik yang ia temukan, menurut Bambang, ia transformasikan kepada siswa SMK PGRI 2 Bondowoso yang menjadikan pengerjaan konversi sepeda motor itu sebagai salah satu bahan praktikum di sekolah.

"Kebetulan di sekolah itu ada program studi otomotif. Sehingga mereka langsung menggarapnya dan menjadikan bahan praktikum," tambah Bambang.

Dalam implementasinya, cara kerja sepeda motor berbahan bakar elpiji ini hampir sama dengan sepeda motor berbahan bakar bensin, Kawula Muda.

Hanya saja, untuk menyesuaikan gas yang menjadi sumber bahan bakar untuk menggerakkan mesin sepeda motor tersebut perlu sedikit modifikasi.

Menurut Rahmat, hasil ide Bambang tersebut memiliki prinsip yang sama, “tapi prinsipnya, cara kerjanya dengan sepeda motor berbahan bakar BBM tetap sama,”

Rahmat juga menambahkan, beberapa motor dapat menggunakan bahan bakar berbahan gas elpiji. Ia hanya perlu mengubah lubang tempat masuknya BBM untuk ditutup dengan pilot jet dan kemudian diberi selang dan dipasang klem (pengaman) untuk bisa menggunakan gas dari elpiji.

Berita Lainnya