Jakarta, Medan dan Makassar Masuk Daftar Kota Pintar di Dunia

Kerennn!!

Jakarta, Medan, dan Makassar masuk dalam daftar Smart City Index Dunia (BERBAGAI SUMBER)
Mon, 10 Apr 2023


Warga Indonesia patut bangga, nih. Pasalnya, tiga wilayah di Tanah Air yakni DKI Jakarta, Sumatera Utara (Makassar), dan Sulawesi Selatan masuk dalam Kota Pintar atau Smart City Se-Dunia.

Mengutip pada CNBC Indonesia, Senin (10/04/2023), The Smart City Observatory oleh IMD World Competitiveness merilis daftar Smart City Index (SCI) 2023. Sebanyak 141 kota dari seluruh dunia yang diteliti, tiga wilayah Indonesia masuk ke daftar.

Jakarta menempati posisi ke-102, Medan ke-112, Makassar ke-114 sebagai smart city atau kota pintar terbaik di dunia.

"Indeks Kota Cerdas IMD 2023 menilai persepsi penduduk pada isu-isu yang berkaitan dengan struktur dan teknologi aplikasi yang tersedia untuk mereka di kota mereka," tulis laporan tersebut.

Jakarta jadi salah satu dari tiga kota Indonesia yang masuk dalam daftar Smart City Index Dunia (FLASHNET)

Kota Jakarta dan Medan disebut mampu memenuhi kebutuhan sanitasi dasar daerah miskin, memiliki layanan daur ulang yang memuaskan, fasilitas transportasi publik yang baik, mempermudah layanan akses informasi pemerintah daerah, dan pelayanan kesehatan yang memuaskan.

Makassar dinilai memiliki akses informasi terhadap keputusan pemerintah daerah, kemampuan mengatur janji temu medis secara daring, dan kemudahan penggunaan angkutan umum berkat penjualan tiket dan penjadwalan.

Namun, SCI juga memberikan beberapa catatan kepada Jakarta dan Makassar tentang prioritas yang haru diperhatikan, yakni polusi udara, kemacetan, dan korupsi. Untuk Makassar yaitu pengangguran, kemacetan, dan korupsi.

Sementara itu, Zurich, Swiss menempati posisi teratas dalam daftar kota pintar terbaik selama empat tahun berturut-turut, Kawula Muda. Posisi kedua ada Oslo, Norwegia dan ketiga ditempati oleh Canberra, Australia.

Pada Asia Tenggara, Singapura menjadi negara yang unggul dan menjadi satu-satunya yang masuk dalam sepuluh besar di peringkat ke-7 selama tiga tahun berturut-turut.

Wahhh, semoga tahun-tahun berikutnya, kota di Indonesia masih masuk dan posisinya meningkat, ya!

Berita Lainnya