Jika Pensiun, Prabowo Ingin Dirikan Klub Sepak Bola ‘Nusantara United’

Prabowo Subianto mengaku bercita-cita ingin membuat klub sepak bola

Prabowo Subianto. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Wed, 08 Jun 2022


Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan (Menhan) ungkapan rencananya setelah pensiun dari Menteri Pertahanan. Prabowo mengaku ingin mendirikan klub sepak bola sebagai perwujudan cita-citanya.

Pria yang kini berusia 70 tahun tersebut bahkan sudah menyiapkan nama klub yang akan dia buat nantinya, yakni Nusantara United.

Niat tersebut ia ungkapkan saat memberikan orasi ilmiah dalam acara Wisuda Universitas Pancasila di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, yang berlangsung pada Selasa (7/6/2022) siang melalui kanal YouTube Universitas Pancasila.

“Saya kalau pensiun (jadi) Menteri Pertahanan, mungkin cita-cita saya ingin mendirikan klub sepak bola. Namanya sudah ada, Nusantara United. Jadi itu tugas hidup saya yang masih mengganjal,” kata Prabowo.

Mulanya, Prabowo berbicara mengenai kehendak nasional. Baginya, arti kalimat tersebut memiliki makna yang cukup luas, tidak hanya memajukan bangsa dan bernegara melainkan juga memajukan yang ada di dalamnya, termasuk sepakbola.

Prabowo Subianto saat menyampaikan orasi ilmiah di depan para wisudawan Universitas Pancasila (Tim Media Prabowo Subianto)

"Apakah kita bangsa yang acuh tak acuh? Bangsa yang tidak peduli kalau sepakbola kalah? Loh sepakbola jangan dianggap hanya sekadar olahraga, sepakbola itu adalah olahraga yang paling populer di dunia," lanjut Prabowo.

Lebih dari itu, Prabowo juga ingin melihat tim nasional sepakbola Indonesia kembali berkancah di panggung internasional. Indonesia sendiri pernah tampil di Piala Dunia pada tahun 1983, di mana pada saat itu masih bernama Hindia Belanda.

“Jadi saudara-saudara, masa tidak ada sih national will kita, Indonesia harus mampu masuk ke Piala Dunia. Itu harus ada kehendak, will, jangan anggap sepak bola biasa,” imbuhnya.

Berita Lainnya