Turnamen Pramusim 2022, Uji Coba Kekuatan Klub Liga Indonesia

Turnamen Pramusim disiapkan guna mematangkan persiapan klub sebelum memulai Liga Indonesia 2022/2023

Image Caption
Wed, 01 Jun 2022

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator Liga Indonesia menginisiasikan Turnamen Pramusim yang rencananya akan diselenggarakan pada 11-28 Juni 2022 mendatang dan diikuti oleh 18 tim. Meski telah dijadwalkan, Turnamen Pramusim ini belum memiliki nama resmi.

Kompetisi yang berformat grup ini telah usai melakukan pembagian grup oleh LIB di Hotel Pullman, Bandung Minggu (29/05/2022). Hasil drawing ini disiarkan langsung melalui kanal YouTube LIB TV, drawing tersebut menghasilkan total empat grup, dengan masing-masing grup berisi empat hingga lima tim.

Turnamen tersebut digelar di empat kota berbeda, yakni Solo, Samarinda, Bandung serta Malang. Praktis keempat klub yang turut serta dalam Turnamen Pramusim ini seperti Persis Solo, Borneo FC, Persib Bandung dan Arema Malang masing-masing akan menjadi tuan rumah di grup yang mereka huni.

Grup A yang bermain di Solo akan mempertemukan dua tim asal Jateng, yakni Persis Solo dan PSIS Semarang. Selain itu Dewa United yang ditukangi Nil Maizar siap bersaing dengan dua klub lainnya yaitu, Persita Tangerang dan PSS Sleman yang sama-sama akan menjajal kekuatan barunya.

Pada Grup B tuan rumah Borneo FC akan menjamu tim yang pernah juara Liga Indonesia dua kali, yakni Persija. Selain Persija, Madura United dan Barito Putera juga turut serta meramaikan perebutan tiket ke babak selanjutnya, sementara itu RANS Cilegon FC akan menjadi kuda hitam di grup ini dengan kekuatan yang patut diwaspadai.

Image Caption

Sementara Grup C yang akan dilaksanakan di Bandung menjadi grup yang diisi klub-klub besar, sehingga wajar bila grup ini disebut grup neraka. Persib Bandung sebagai tuan rumah akan kembali menghadapi Bali United yang musim lalu menjadi pesaing ketat perebutan juara Liga. Selain Bali United, Persib juga akan dipersulit langkahnya oleh Persebaya dan Bhayangkara FC yang juga menghuni Grup C.

Sedangkan Grup D yang berlokasi di Malang akan mempertemukan derby Jatim antara Arema Malang dan Persik Kediri, kedua klub tersebut nantinya juga akan berhadapan dengan dua klub lain, yakni Persikabo dan PSM Makassar.

Setelah fase grup, kompetisi akan dilanjutkan dengan fase perempat final yang rencananya akan dilaksanakan pada 1-2 Juli dengan format single match.

Sedangkan fase semifinal dan final rencananya akan dilakukan dengan format kandang dan tandang, dan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli dan 10 Juli untuk semifinal, serta tanggal 14 Juli dan 17 Juli untuk laga Final.

Berita Lainnya