Jokowi dan Ridwan Kamil Main Lato-Lato: Ternyata Susah Banget!

Kawula Muda, udah main lato-lato, belum?

Ridwan Kamil dan Jokowi mencoba bermain lato lato, terlihat raut bahagia dari keduanya (INSTAGRAM/ridwankamil)
Thu, 29 Dec 2022


Presiden Jokowi diketahui melakukan kunjungan ke pasar di Subang, Jawa Barat pada Selasa, (27/12/2022). Dalam kunjungannya, Jokowi rupanya ditemani Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menariknya, keduanya sempat memainkan Nok-nok atau Lato-lato yang sedang tren. 

Mulanya, ada seorang anak kecil yang memainkan Lato-lato di depan Jokowi. Ternyata, Lato-lato tersebut sukses menarik perhatian Jokowi hingga akhirnya anak kecil tersebut meminjamkan Lato-lato lalu Jokowi mencoba memainkannya.

Ridwan Kamil juga sempat mengajari Jokowi memainkan Lato-lato. Setelahnya, mereka terlihat memainkan dua Lato-lato sekaligus. Sontak aksi Jokowi dan Ridwan Kamil mengundang tawa para pengunjung pasar. 

Hal tersebut dikarenakan percobaan Jokowi memainkan Lato-lato itu gagal karena mainan tersebut tidak berbunyi, Kawula Muda.

Tidak ingin ketinggalan, giliran Ridwan Kamil yang mencoba Lato-lato yang telah dimodifikasi dengan empat bola. Masyarakat sekitar menyebutnya 'Pakujut Nok-nok'. Alhasil, Ridwan Kamil  juga gagal memainkan mainan viral tersebut.

Aksi Jokowi bermain Lato-lato tersebut rupanya diunggah oleh Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya. Ridwan Kamil bahkan mengungkapkan suasana riang yang diciptakan lewat permainan tradisional yang kembali viral tersebut. 

"Main nok-nok bareng teman (tanda silang). Main nok-nok bareng Presiden dan Gubernur (tanda centang)," tulis Ridwan Kamil.

Lato-lato merupakan sebuah permainan sederhana yang terbuat dari sepasang bola kecil yang terikat dengan seutas tali. 

Cara memainkan Lato-lato adalah dengan membenturkan kedua bola kecil tersebut berkali-kali tanpa berhenti. Siapa yang berhasil memainkannya paling lama, maka ia yang jadi juaranya.

Ketika kedua bola saling terbentur, maka akan timbul bunyi yang khas dan unik. Bunyi itulah yang disukai oleh para pemain sehingga membuat mereka suka memainkannya terus menerus. Tidak hanya anak-anak, permainan tersebut juga dimainkan oleh remaja hingga orang dewasa, loh.

Berita Lainnya