Jokowi Sebut Ciri Pemimpin Berambut Putih, Ganjar sampai Ridwan Kamil Pamer Rambut Baru

Bisa langsung berubah gitu dong, Kawula Muda :)

Presiden Joko Widodo sebut ciri fisik pemimpin yang memikirkan rakyat yakni rambut putih dan kerutan wajah. (SEKRETARIAT KABINET)
Wed, 30 Nov 2022


Dalam acara silaturahmi akbar dengan Relawan Gerakan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno pada Sabru (26/11/2022), Presiden Joko Widodo menyebutkan beberapa ciri pemimpin. 

Di hadapan massa, Jokowi meminta agar rakyat berhati-hati untuk menentukan sosok pemimpin. Ia pun menegaskan agar pemimpin terpilih yakni ia yang paling mengerti apa yang dirasakan rakyat. 

Tak hanya itu, Jokowi turut menyampaikan ciri-ciri pemimpin yang mau memikirkan kepentingan rakyat. Secara spesifik, Presiden Indonesia tersebut menyebutkan ciri kerutan di wajah hingga rambut berwarna putih. 

Perubahan fisik tersebut dijelaskan akibat bekerja keras secara sungguh-sungguh dan memikirkan rakyat. 

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," lanjut Jokowi mengutip Kompas. 

Setelah Jokowi mengatakan hal tersebut, banyak tokoh yang diduga akan maju ke Pemilu 2024 mengganti penampilan fisiknya. Berikut beberapa di antaranya ya, Kawula Muda!

Ridwan Kamil Ganti Warna Rambut



Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tampak mengunggah tampilan terbarunya di Instagram. Berbeda dengan foto Kang Emil yang biasanya memiliki rambut berwarna hitam, kini ia tampil dengan rambut berwarna putih. Penampilannya pun semakin necis dengan sebuah kacamata hitam. 

Dalam bagian keterangan foto, Kang Emil menjelaskan perubahan warna rambut tersebut karena diminta oleh sang istri. 

“Disuru istri, ganti gaya rambut mulai bulan depan. Entah kenapa. Saya tanya kenapa? jawabnya , ‘udah nurut ajah’,’” tulis Ridwan Kamil seperti dikutip Prambors pada Rabu (30/11/2022).

Pada kolom komentar, banyak yang melontarkan candaan terkait rambut baru orang nomor satu di Jawa Barat tersebut. Selain itu, ada pula yang menghubungkannya dengan kalimat Jokowi baru-baru ini terkait pemimpin yang baik. Hmm… kalo menurut lo gimana, Kawula Muda?

Ganjar Pranowo Kini Miliki Rambut Hitam


Berbeda dengan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo justru mengganti warna rambutnya menjadi hitam. Sebelumnya, Ganjar memang telah memiliki rambut yang berwarna putih. 

“Cukur… kamu punya tips merawat wajah & rambut?” tulis Ganjar pada bagian keterangan foto unggahan terbarunya dengan rambut putih. 

Sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti turut mengomentari warna baru rambut sang suami. Ia menyebut lebih menyukai warna rambut Ganjar yang berwarna putih. 

Lebih lanjut, banyak pula warganet yang berkomentar terkait ucapan Jokowi mengenai gaya rambut pemimpin. Mereka menyebut Ganjar sebenarnya sudah masuk kriteria, karena itu tidak perlu disemir warna rambutnya. 

Sebelumnya, banyak warganet yang menduga ciri sosok pemimpin yang dimaksud oleh Jokowi yakni Ganjar Pranowo. Namun, Ketua DPP PDI-P, Said Abdullah, menyebut Jokowi tidak mempromosikan siapa pun terkait ‘pemimpin berambut putih’. 

Selain itu, kriteria yang disebut Jokowi juga masih umum sehingga tidak menunjuk satu tokoh secara spesifik. 

Prabowo Turut Pamerkan Rambut Putih

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto (REUTERS/Willy Kurniawan)

 

Presiden Jokowi menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki ciri-ciri yang identik dengan kriteria pemimpin. Hal tersebut ia sampaikan usai meresmikan gedung Asrama Mahasiswa Nusantara di Siwalankerto, Surabaya, Selasa (29/11/2022). 

Jokowi mengatakan ia sudah mengecek kerutan dan warna rambut Prabowo. “Ternyata punya (kerutan dan setengah rambut putih),” tutur Jokowi mengutip CNNIndonesia. 

Sementara, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut juga pernah ikut-ikutan memamerkan rambut putihnya saat dimintai keterangan oleh awak media. 

Ia tampak menunjuk pelipis bagian kanannya. Terlihat sedikit rambut berwarna putih di sebelah pinggir. 

"Ha ha ha. Putih, banyak kan putih," kata Menteri Pertahanan itu sambil tertawa, ditemui usai rapat dengan Komisi I DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022) mengutip Kompas. 

Anies Baswedan Pamer Foto Usai Potong Rambut


Calon Presiden yang diusung partai NasDem, Anies Baswedan, turut mengunggah foto dirinya yang tengah memotong rambut. Anies pun tampil dengan potongan rambut baru walau tetap berwarna hitam. 

Sebelumnya, rambut Anies memang telah cukup panjang. Kini, rambut yang dipendekkan dan dirapikan membuat wajah mantan Gubernur Jakarta tersebut menjadi lebih cerah.

Mengutip unggahannya pada Minggu (27/11/2022), Anies menceritakan mengenai tukang cukur langganannya, Mas Novan, secara cukup panjang. Ia menyebut telah mengenal Mas Novan sejak 2015 lalu. 

"Mas Novan adalah tukang cukur langganan saya. Pertama kali berjumpa awal 2015, cukur rambut ketika baru awal-awal bertugas sebagai Mendikbud. Lalu di pertemuan kedua, dia bawa banyak foto saya hasil cari dari Google. Ditunjukkan mana-mana sisi yang bagus dan yang kurang, serta pilihan yang dia anjurkan," jelas Anies. 

Berita Lainnya