Kane Tanaka Meninggal, Sister Andre Kini Menjadi Manusia Tertua Berusia 118 Tahun

Sister Andre menjadi manusia tertua di dunia dengan usia 118 tahun.

Sister Andre (Kompas.com)
Tue, 26 Apr 2022


Sister Andre kini menjadi manusia tertua di dunia dengan usia 118 tahun yang tercatat di Guinness World Record, menyusul kabar meninggalnya penyandang manusia tertua yang masih hidup sebelumnya Kane Tanaka.

Perempuan yang lahir pada 11 Februari 1904 ini menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk pelayanan keagamaan, selain menjadi manusia tertua yang masih hidup, Sister Andre juga menyandang gelar suster tertua yang pernah ada.

Menjadi manusia tertua, Sister Andre telah melewati banyak peristiwa hidup. Lebih lanjut Sister Andre pernah menghadapi pandemi Flu Spanyol saat masih muda, dan sempat terpapar virus Corona pada 16 Januari 2021 lalu.

Sister Andre saat ini tinggal di panti jompo dengan kursi roda, ia juga mengalami kesulitan pendengaran, tetapi ia masih berusaha agar tetap menjaga pikirannya agar tetap aktif.

"Segelas anggur mempertahankannya dan yang mungkin merupakan rahasia umur panjangnya. Saya tidak tahu - saya tidak mendorong orang untuk minum segelas anggur setiap hari!" kata seorang anggota staf dari panti asuhan Sister André. 

Pada tahun 2019, ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi warga kehormatan kota tempat tinggalnya, Toulon, Perancis. Sister Andre juga pernah mendapatkan kehormatan lain berupa surat dari Paus Fransiskus.

Pemilik rekor manusia tertua sebelumnya, Kane Tanaka dinobatkan sebagai manusia tertua yang menutup usia di 119 tahun. Kabarnya, sebelum wafat ia memiliki kondisi kesehatan yang cukup stabil. Kane rutin mempelajari matematika dan kaligrafi saat di panti jompo. Kane bahkan berkeinginan untuk mengikuti estafet obor pada Olimpiade Tokyo 2021, sayang hal itu urung terlaksana lantaran pandemi.

Berita Lainnya