Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak, Italia Justru Cabut Aturan Wajib Masker

Kawula Muda, semoga Indonesia secepatnya bisa menyusul ya!

Warga Italia di tengah pandemi Covid-19. (France24)
Wed, 23 Jun 2021

Pemerintah Italia akan segera mencabut kewajiban menggunakan masker di berbagai wilayah di negaranya. 

Dilansir dari AFP, Menteri Kesehatan Roberto Speranza menyatakan kewajiban memakai masker ini dicabut di wilayah zona putih mulai Senin (28/6/2021). 

Di Italia, zona putih merupakan status sebuah daerah yang terindikasi dengan level kasus infeksi Covid-19 sangat rendah dan jumlah pasien ICU harian rumah sakit di bawah ambang batas berisiko.

“Mulai 28 Juni, kita akan meninggalkan penggunaan masker di luar ruangan di zona-zona putih,” ujar Roberto Speranza melalui unggahan di Facebooknya.

Penerapan bebas masker ini diiringi oleh cakupan vaksinasi hampir 30 persen warga di Italia berusia 12 tahun ke atas sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Perdana Menteri Mario Draghi telah melakukan relaksasi pembatasan Covid-19 sejak April lalu dengan membuka aktivitas di berbagai tempat seperti restoran, bar, bioskop, dan gym.

Meskipun demikian, izin pembukaan ini tetap masih diikuti dengan aturan wajib menggunakan masker di area publik dalam ruangan. Hal ini tentunya untuk memutus rantai penularan serta menurunkan jumlah kasus positif Covid-19.

Selain Italia, terdapat berbagai negara yang mulai menerapkan aturan bebas masker, seperti Amerika Serikat, Bhutan, China, Israel, dan Selandia Baru.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya