BTS Jadi Artis Asia Pertama yang Puncaki Billboard Hot 100 Selama 4 Minggu Berturut-turut

Kawula Muda, prestasi ini diraih BTS berkat lagu “Butter”.

BTS merilis single berbahasa Inggris kedua berjudul "Butter". (TWITTER/KPOP HERALD)
Wed, 23 Jun 2021

BTS lagi-lagi membuat rekor baru di sejarah Billboard! Berkat single terbaru mereka, Butter, BTS berhasil menduduki puncak chart Billboard Hot 100 selama empat minggu berturut-turut hingga memecahkan rekor baru.

Pada senin (21/06/2021), Billboard mengumumkan bahwa Butter berhasil menduduki posisi pertama di peringkat mingguan Billboard untuk lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat selama empat minggu berturut-turut.

Kini, Butter menjadi lagu BTS yang paling lama berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100. Single yang dirilis pada 21 Mei 2021 ini pertama kali debut di posisi pertama dalam chart tersebut sejak 5 Juni 2021 dan tetap bertahan di posisi pertama hingga 21 Juni 2021.

BTS berhasil mengalahkan rekor mereka sendiri dengan lagu berbahasa Inggris pertama mereka, Dynamite. Sebelumnya, Dynamite hanya berhasil menduduki puncak tangga lagu sebanyak tiga kali pada 2020.

Pencapaian ini menjadi rekor tersendiri dalam sejarah Billboard Hot 100. BTS berhasil menjadi artis Asia pertama yang berhasil mendapatkan prestasi itu.

BTS, boygroup K-Pop asal Korea Selatan. (TWITTER/BIGHIT MUSIC)

 

Menurut Billboard, Butter adalah lagu ke-13 yang berhasil menghabiskan empat minggu pertamanya di posisi pertama dari 54 lagu yang debut di peringkat pertama dalam sejarah Billboard Hot 100. Butter juga menjadi lagu pertama yang sukses meraih prestasi tersebut untuk tahun ini setelah lagu milik Olivia Rodrigo berjudul Drivers License pada Januari lalu.

Butter juga merupakan lagu pertama oleh sebuah grup yang berhasil mencetak prestasi tersebut setelah grup Aerosmith pada 1998.

Single berbahasa Inggris kedua milik BTS ini tercatat telah mengumpulkan 12,5 juta streaming di AS dan 111,400 unduhan dalam pekan yang berakhir pada 17 Juni 2021, serta 25,8 juta tayangan pemirsa siaran radio pada pekan yang berakhir pada 20 Juni 2021.

Selain memuncaki Billboard Hot 100, Butter menjadi lagu terlaris minggu ini dengan menempati peringkat pertama Digital Song Sales. Butter juga menduduki puncak chart Global Excl US selama empat minggu dan menempati peringkat kedua di Billboard Global 200 selama dua minggu.

Berita Lainnya