Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Virus Hendra

Penyakit ini bisa menular ke hewan dan manusia.

Ilustrasi virus. (UNSPLASH)
Fri, 20 May 2022

Penyakit terbaru ada lagi, nih, Kawula Muda. Seorang peneliti dari Griffith University, Australia menemukan penyakit yang bisa menular ke hewan dan manusia, yaitu Penyakit Hendra.

Pada laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat virus Hendra (HeV) adalah zoonosis atau penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia.

Parahnya, penyakit ini bisa menyebabkan gejala yang sering kali fatal bagi hewan dan manusia yang terinfeksi dan memiliki risiko kematian.

Ilustrasi kuda (UNPLASH)

 

HeV pertama kali ditemukan di Brisbane, Australia pada 1994 dan menyerang 21 kuda serta 2 manusia. Kemudian di Juli 2016, penyakit ini mewabah ke 70 kuda. Semua kasus terjadi di pantai timur laut Australia.

Untuk itu, agar lebih jelas, simak gejala dan cara pencegahan dari virus Hendra berikut ini:

Gejala Virus Hendra

Gejala dari virus ini adalah penyakit ringan, seperti influenza hingga penyakit pernapasan atau saraf yang fatal.

Di kasus manusia, terjadi saat ada kontak erat dengan hewan yang terinfeksi.

Bagaimana pengobatannya?

Belum ada pengobatan khusus untuk penyakit ini pada manusia. Sejumlah ilmuwan masih meneliti efektivitas penggunaan antibodi monoklonal untuk mengatasi penyakit.

Cara pencegahan

Untuk mencegah virus ini, lo bisa pakai alat pelindung diri jika harus berkontak langsung dengan hewan yang diduga terinfeksi.

Pada hewan, ada vaksin Hendra untuk hewan yang telah terdaftar. Vaksin ini diakui bisa menurunkan risiko adanya virus pada kuda.

Jangan khawatir, ya Kawula Muda, semoga infeksi virus Hendra memang benar jarang terjadi pada manusia.

Berita Lainnya