Keren! Kapolri Ganti Warna Seragam Satpam Jadi Mirip Polisi

Hai Kawula Muda, agar lebih terjalin kedekatan emosional dengan kepolisian dan memuliakan profesi adalah tujuan diubahnya warna seragam Satpam.

Satuan Pengamanan (Satpam) tengah melakukan upacara. (INSTAGRAM/INFO SATPAM RI)
Tue, 15 Sep 2020

Kapolri Jenderal Idham Azis baru saja menginstruksikan penggantian warna seragam satuan pengamanan (Satpam) di Indonesia menjadi warna coklat sehingga menyerupai seragam kepolisian.

Saat ini seragam satpam berwarna putih untuk dinas pagi hari dan biru tua untuk dinas malam.

Kapolri mengeluarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa untuk pengaturan ini. Nantinya, seragam baru tersebut juga akan dilengkapi dengan tanda kepangkatan.

Kepala Kepolisian RI Idham Azis. (INSAGRAM/INFO SATPAM RI)

 

“Ada perubahan warna seragam satpam. Jadi, ada lima jenis pakaian dinas anggota satpan disertai pangkatnya,” jelas Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenamas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Karopenamas merinci jenis pakaian dinas Satpam tersebut adalah Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Sebelumnya, peraturan tentang seragam dan atribut telah diatur dalam Peraturan Kepala Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah.

Dalam aturan tersebut dijelaskan manajemen pengamanan operasi diharuskan menyesuaikan segala kebutuhan sesuai aturan tersebut paling lambat satu tahun setelah peraturan diundangkan.

Filosofi seragam baru Satpam. (INSTAGRAM/INFO SATPAM RI)

 

“Filosofi seragam satpam yang berwarna coklat muda (baju) dan coklat tua (celana) dengan makna coklat identik dengan warna tanah, kayu, dan batu yang berarti warna alami,” jelas Awi.

Dia juga menuturkan seragam satpam dibuat mirip kepolisian untuk menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dan personel satpam.

Selain itu, juga untuk menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

“Memuliakan profesi satpam dan menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” ujar Awi menambahkan.

Contoh seragam baru Satuan Pengamanan (Satpam). (INSTAGRAM/INFO SATPAM RI)

 

Berita Lainnya