Kericuhan di Yahukimo Papua Sebabkan 6 Orang Tewas dan 41 Orang Luka-luka, Ada Keterlibatan KNPB?

Kawula Muda, semoga enggak ada kericuhan lagi ya!

Rumah warga terbakar di Yahukimo. (Dok. KABARPAPUA.CO)
Mon, 04 Oct 2021

Kawula Muda, kemarin, Minggu (3/10/2021), telah terjadi kerusuhan di Distik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua. Peristiwa ini menyebabkan 6 orang tewas dan sebanyak 41 orang dinyatakan luka-luka.

"Masyarakat yang meninggal dunia enam orang yang salah satunya diduga adalah pelaku penyerangan. Seluruh jenazah masih disemayamkan di RSUD Yahukimo," kata Direskrimum Polda Papua Faizal Ramadhani melansir Kontan.

Sementara itu, Faizal menyebut saat ini korban luka-luka tengah ditangani tim medis RSUD Yahukimo. Pun jumlah korban bisa saja lebih banyak dibandingkan dengan yang diperkirakan sebelumnya.

Meskipun situasi di Yahukimo saat ini sudah dinyatakan kondusif. Namun, beberapa warga diketahui masih mengungsi di Polres Yahukimo untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan kembali. 

Adapun penyebab kericuhan terjadi masih ditelusuri. Menurut Faizal, bisa jadi kericuhan ini disebabkan oleh kematian mantan Bupati Yahukimo Abock Busup di sebuah hotel di Jakarta.

Faizal pun telah menangkap sebanyak 52 orang yang diduga menjadi pelaku penyerangan. Pasalnya, Komite Nasional Papua Barat (KPNB) bisa jadi memiliki keterlibatan dalam kerusuhan tersebut.

Berita Lainnya