Kumpulan Aksi Sheila On 7 di Panggung We The Fest 2023, Duta Sindir The 1975

Lucu terus nih Pak Duta dkk

Sheila On 7 di Stage We The Fest 2023 (PRAMBORS/Diffa Zahra)
Mon, 24 Jul 2023

Sheila On 7 secara mengejutkan menjadi line up di We The Fest 2023 menggantikan band asal Inggris The 1975 yang juga dengan mengejutkannya, tidak melanjutkan turnya di Indonesia dan Taiwan. 

Sebelumnya, Matty Healy selaku vokalis band tersebut membuat pidato kritik terhadap kebijakan anti LGBT di Malaysia dalam Good Vibes Festival (21/7/2023) dan berdampak kepada bandnya yang dilarang tampil di Negeri Jiran dan juga batal tampil di We The Fest, Jakarta serta di Taipei, Taiwan pada 25 Juli mendatang. 

Untuk mengatasi situasi tersebut, Ismaya selaku promotor dari We The Fest (WTF) dengan cepat mencari ganti untuk mengisi jadwal The 1975 dan terpilihlah Sheila On 7, yang diumumkan hanya beberapa jam sebelum tampil, sekitar pukul 18.00 WIB dan naik ke panggung tepat pada 20.55 WIB. 

Setelah itu diikuti oleh A$AP Ferg yang mengisi pada pukul 22.00 WIB.

Penonton yang hadir langsung memenuhi We The Fest Stage untuk menyambut band yang digawangi oleh Duta tersebut membawakan lagu-lagu hits mereka. 

Penonton seketika terhipnotis oleh penampilan yang cukup memukau dari band asal Yogyakarta ini. Walau terlihat memang sangat dadakan, namun bisa membuat penonton lupa sesaat dengan tragedi The 1975 sebelumnya.

Band legendaris yang sudah berdiri selama 25 tahun ini, dengan semangat menghibur penonton tidak hanya lewat lagu-lagunya tetapi juga dengan gurauan ala bapak-bapak khas mereka.

Duta Sheila On 7 di We The Fest Stage 2023 (PRAMBORS/Diffa Zahra)


Sudah bukan rahasia bahwa Sheila On 7 adalah band pengganti yang awalnya tidak ada dalam rundown utama WTF 2023. Duta dkk. juga tak masalah dengan hal tersebut dan malah ikut bergurau tentang band yang ia gantikan.

"Perkenalkan, kami Sheila On F-king 75," ucap Duta sambil menunjuk layar dengan logo Sheila On 7 yang disambut riuh oleh penonton WTF di Senayan, Jakarta (23/07/2023).

Di kesempatan lain, Duta juga kembali mengenalkan dirinya menggunakan nama yang berbeda.

"Hi! I am Matt," kata Duta dengan polos menyebut dirinya sebagai Matt (Nama panggilan vokalis The 1975).

Eross Sheila On 7 saat tampil di We The Fest 2023 (PRAMBORS/Diffa Zahra)

 

Dengan banyaknya gimmick panggung, penampilan musik mereka terbilang cukup baik. Eross dengan mantap memainkan gitar dengan posisi terbalik sebagai gaya andalannya dalam lagu "Melompat Lebih Tinggi".

Adam dan Eross juga membuat atraksi dalam bermain ritme dari bass dan gitar. Begitu juga dengan drummer baru dalam tur mereka, Bounty Ramdhan yang memainkan solo drum dengan wajah yang ditutup kain hitam.

Tak lupa Duta sebagai tokoh utamanya juga tampil semaksimal mungkin.

Aksi Bounty Ramdhan dalam show Sheila On 7 di We The Fest 2023 (PRAMBORS/Bountyramdhan, Nafasafira)

 

"Jadi sebenarnya job ini tuh dadakan. Adam terima tawaran manggung di sini terus nanya ke kita. Kalau saya sih bisa, tapi semuanya kan tergantung Duta. Kan kita enggak bisa gimana-gimana kan karena nyanyinya pakai suara Duta," jelas Eross.

"Duta ternyata, oh bisa, ya sudah semuanya bisa," tegasnya kembali.

Walau penampilan mereka seperti dipersiapkan dengan matang, Eross ternyata tidak begitu siap, Kawula Muda.

Ia menceritakan bahwa dirinya tidak membawa baju dan membeli dulu di toko sebelum manggung. 

"Tadi saya ke kedai buat beli baju, celana dalam saja saya sudah enggak ada. Ya, ini khusus untuk kalian," gurau Eross sambil menunjuk ke pakaiannya sebelum lanjut memetik gitar.

"Masih punya beberapa menit lagi nih. Namanya juga tambal band," kata Duta sebelum melanjutkan lagu dan menutup aksi panggung dengan Sheila On 7.

Kawula Muda, memang terlihat jelas bahwa awalnya banyak penonton yang kecewa atas pembatalan dari The 1975 dalam festival tersebut, bahkan sampai ada yang meminta refund tiket. Tetapi, dengan kehadiran Sheila On 7, penonton merasa terobati dan tak sedikit pula yang merasa lebih senang bisa dihibur oleh band legendaris lokal favorit mereka. 

Bahkan sampai ada yang menyebutkan bahwa penggantian The 1975 ke Sheila On 7 adalah sebuah kemajuan, bukan keterpaksaan.

Lo setuju enggak, We The Fest hari terakhir keren banget?!

Berita Lainnya