Lukisan Milik Seniman Asal Bandung Dilelang di Singapura Rp 14,5 Miliar

Keren banget!

Lukisan milik Christine Ay Tjoe, seniman asal Bandung, dilelang hingga Rp 14,4 M (SOTHEBYS)
Wed, 05 Jul 2023


Lukisan milik seniman asal Bandung, Christine Ay Tjoe, dilelang di Sotheby’s Asia Singapura dengan taksiran harga Rp 7,2 hingga Rp 14,5 miliar rupiah, Kawula Muda!

Lukisan yang berjudul “The Team of Red” ini dilukis pada 2013 dan mulai dilelang pada 2 Juli 2023 lalu.

Melansir situs web Sotheby’s, lukisan “The Team of Red” terjual dengan harga 990.600 Dolar Singapura atau sekitar Rp 11 miliar dan menjadi salah satu lot terlaris di lelang menurut situs tersebut.

Lukisan milik Christine Ay Tjoe, seniman asal Bandung, dilelang hingga Rp 14,4 M (SOTHEBYS)

Lukisan “The Team of Red” sendiri menjadi salah satu lukisan yang dilukis oleh Ay Tjoe dalam masa penting kariernya, yaitu saat komposisi-komposisinya menjadi lebih penuh dan mewujudkan palet warna yang lebih bersemangat.

Lukisan “The Team of Red” menggunakan warna merah sebagai warna yang dominan dan dikatakan sebagai salah satu karya seni yang sangat diinginkan dalam pelelangan.

"Salah satu pelukis yang paling dikagumi di Indonesia, keragaman karya Christine Ay Tjoe mencakup lukisan, gambar, seni pahat, dan instalasi-instalasi skala besar; melalui hasil karyanya ia menyajikan tema-tema filosofi dan spiritualitas serta kondisi manusia sebagaimana dilihat olehnya melalui pengalaman subjektifnya," tulis keterangan Sotheby's dalam laman Detik.

Pertengahan tahun 2023 menjadi momen paling penting bagi skema seni rupa Asia, Kawula Muda. Lelang yang menjadi bagian dari perayaan ulang tahun Sotheby's, pameran ekspansif lukisan serta benda-benda mewah akan digelar di lokasi ikonis Marina Bay Sands, destinasi terakhir untuk karya seni dan benda-benda mewah.

Melansir Elle Indonesia, Christine Ay Tjoe merupakan seniwati kontemporer Indonesia yang mengangkat tema filosofi dan spiritualitas. Meski secara visual menggoda, karya ekspresif Ay Tjoe mengulas sisi kelam dan mencoba untuk terhubung dengan emosi manusia yang terkuat sekaligus mendalam.

Seniman lulusan Seni Murni FSRD ITB Bandung, Stiftung Kuenstlerdorf, Schoeppingen, Jerman, dan sempat mengikuti residensi di STPI Singapura ini memiliki karya yang identik dengan berbagai bentuk garis dengan objek-objek figuratif dalam abstraksi yang intens.

Selain itu, ciri khas dari lukisan Ay Tjoe adalah sebagian besar area kanvas dibiarkan kosong seakan-akan objek lukisannya muncul secara sporadis.

Tidak hanya “The Team of Red”, karya-karya lain Ay Tjoe sudah dipamerkan di seluruh Asia dan kerap menempati harga tertinggi di pusat lelang.

Ay Tjoe menjadi salah satu seniwati yang mendominasi sales value di pasar Indonesia.

Saat ini, karya-karya Ay Tjoe dapat ditemukan di institusi terkemuka di seluruh dunia, seperti M+ Museum Hong Kong, The Metropolitan Museum of Art New York, Singapore Art Museum and National Gallery, dan Asia Society Museum New York.

Berita Lainnya