Mahasiswa Wisuda di Tengah Hutan

Kawula Muda, tempat impian lu buat wisuda online di mana?

Katarina dan keluarga saat mengikuti wisuda daring (Screenshot: Facebook.com/Wollo Optimal)
Wed, 16 Dec 2020

Wisuda lekat dengan perayaan yang rapi di tempat besar. Semenjak pandemi hadir, wisuda terpaksa mengubah bentuk pelaksanaannya dengan lebih kreatif.

Namun, salah satu wisudawati asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Katarina Oa Jebe, melaksanakan wisuda daringnya di Hutan Gaharu.

Terlihat di video yang menampilkan prosesi wisuda tersebut, Katarina ditemani kedua orang tuanya dan berlatarkan tenda kemah dan balon bertuliskan “congrats.”

Bukan untuk alasan sensasional, melainkan akses internet yang terbatas menuntut Katarina dan kedua orang tuanya untuk merayakan hari bersejarah dalam hidupnya itu di tengah hutan.

Katarina dinyatakan lulus dengan gelar sarjana kedokteran hewan (S.K.H). Ketika pihak kampus sedang membacakan namanya, Katarina dinyatakan lulus dengan cumlaude oleh universitasnya.


Video mengenai Katarina wisuda di hutan viral melalui Facebook yang pertama kali diunggah oleh Wollo Optimal. Video ini diunggah pada 10 Desember 2020 dan mendapat banyak respons dari warganet.

Momen seperti ini terjadi karena didorong sulitnya akses internet di beberapa tempat di Indonesia.

Melalui proyek Palapa Ring, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana menguatkan konektivitas internet di Indonesia.

Proyek ini akan menghubungkan 34 provinsi di Indonesia dengan jaringan kabel bawah laut. Jaringan ini akan menghubungkan daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). 

Jaringan ini juga diklaim mampu menyediakan koneksi 4G di seluruh wilayah di Indonesia sehingga masyarakat di daerah 3T tidak lagi mengandalkan 2G.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya