Semarang River Bus Akan Beroperasi pada 2021

Kawula Muda, perkembangan teknologi benar-benar makin nyata yah!

HafenCity RiverBus. (YOUTUBE/@HD1080ide)
Tue, 15 Dec 2020

Semarang River Bus atau Bus Amfibi akan menjadi pelengkap armada transportasi di Kota Semarang. Wali kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan wacana ini dalam akun Instagramnya, @hendrarprihadi. 

Hendrar mengonfirmasi rencananya dengan mengatakan bahwa dia sudah menganggarkan dana untuk pembelian bus tersebut pada 2021. 

"Sudah disurvei, sudah dibuat perencanaan. Kalau tidak salah, sekitar 14 atau 15 miliar harganya. Barangnya ready di tahun depan. Anggarkan di APDB, 1 unit," kata Hendrar, Jumat (11/12/2020).

Rencananya, Hedrar akan mencoba menjalankan proyek Bus Amfibi untuk sektor pariwisata. Jika antusias masyarakat tergolong bagus, operasional berjalan lancar, serta banyak manfaatnya, maka akan dianggarkan untuk tahun berikutnya.

Pemerintah Kota Semarang juga mengungkapkan bahwa ada beberapa rute yang kemungkinan akan dibuat. Salah satunya, rute air akan di mulai dari pantai Marina dan kemudian menyusur Banjir Kanal Barat dan Timur.


Namun, daerah Banjir Kanal Barat merupakan jembatan sehingga Bus Amfibi tidak dapat melintas, sehingga penetapan rute masih dalam proses perencanaan. 

Sementara itu, untuk rite darat, Hendrar menyatakan kemungkinannya akan diarahkan menuju wisata Sam Poo Kong dan Lawang Sewu. 

Hendrar berharap dengan kehadiran bus tersebut akan menjadi daya tarik untuk wisatawan agar dapat menikmati suasana Kota Semarang. 

Bus Amfibi pertama sudah ada di benua Eropa yaitu Jerman. Bus ini beroperasi sebagai transporasi wisatawan di Kota Hamburg dengan nama Hafencity Riverbus. 

"Ini bukan bus dan juga bukan perahu, dan belum ada kendaraan pembandingnya. Jadi mekanik harus punya tingkat pengetahuan teknis sangat tinggi agar bisa mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan saat perbaikan bus amfibi," kata Mike Vannauer, Regional Manager Bus Sales North MAN Truck & Bus Deutschland GmbH.


Berita Lainnya