Makin Cepat, Ini Daftar 20 Jalan Tol Baru yang Bakal Beroperasi di Sepanjang 2022!

Kawula Muda, ada jalan tol baru yang mulai beroperasi di September ini!

Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3). (TWITTER/KEMENTERIAN PUPR)
Wed, 21 Sep 2022


Sebanyak 20 jalan tol baru sepanjang 375 kilometer bakal mulai beroperasi di 2022. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melalukan langkah cepat dengan pembangunan jalan tol di sejumlah daerah. Hal ini dilakukan agar konektivitas dan perekonomian daerah semakin meningkat.

Melansir dari kompas.com, dari 20 ruas jalan tol baru, empat ruas sudah resmi beroperasi yaitu Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,4 kilometer, tol Binjai-Langsa Seksi Binjai-Stabat sejauh 11,8 kilometer, tol Manado-Bitung Seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,43 kilometer, dan tol Sigli-Banda Aceh Seksi Taba Penanjung-Bengkulu sejauh 6,35 kilometer.

Sementara itu, enam ruas jalan tol baru sepanjang 87 kilometer sudah mulai beroperasi sejak September.

“September saja, ada 6 ruas yang sudah kita siap (operasikan). Artinya sudah dilakukan uji laik fungsi (ULF),” kata Endra S Atmawidjaja, Juru Bicara Kementerian PUPR seperti yang dikutip dari kompas.com.

Pada Selasa (20/09/2022), Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1.

Jokowi mengatakan bahwa Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 kilometer merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang diharapkan pembangunannya bisa selesai pada akhir 2023.

Pembangunan JTCC ini diharapkan bisa mempercepat mobilitas barang dari kawasan industri di bekasi bagian utara dan kawasan logistik di Karawang dan Bekasi.

Sementara itu, Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 yang terbentang sepanjang 5,1 kilometer merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) ketiga.

"Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan jasa, serta memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor," kata Presiden Joko Widodo.

Menteri PUPR Basuki mengatakan, peningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol dilakukan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Berikut adalah daftar 20 jalan tol baru yang beroperasi 2022:

  1. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi Cileunyi-Pamulihan
  2. Tol Binjai-Langsa Seksi Binjai-Stabat
  3. Tol Manado-Bitung Seksi Danowudu-Bitung
  4. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho
  5. Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2-3 (Telagaasih-Tarumajaya)
  6. Tol Padang-Pekanbaru Seksi Tol Pekanbaru-Bangkinang
  7. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1A, 2A, dan 2A Ujung
  8. Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A The Green BSD City menuju Simpang Susun (SS) Central Business District (CBD) BSD City (di sisi AEON Mall)
  9. Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung
  10. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Limo-Kukusan
  11. Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Limo
  12. Tol Cisumdawu Seksi 2 hingga 6
  13. Tol Jakarta-Cikampek (japek) II Seltan Paket 3 Kutanegara-Sadang
  14. Tol Sigli-Banda Acek Seksi 1,5, dan 6
  15. Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak
  16. Tol Simpang Indralaya-Prabumulih
  17. Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak
  18. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 dan 2 Tebing TInggi-Kuala Tanjung
  19. Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing
  20. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 Segmen Jatikarya-Cikeas

Berita Lainnya