Sering Macet, Pemerintah akan Bangun Jalan Tol Di Puncak?

Kalau ada tol, semoga kemacetan akan berkurang yaa, Kawula Muda.

Jalur wisata puncak (TEMPO)
Fri, 17 Jun 2022


Kawula Muda, demi mengatasi kemacetan di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merencanakan akan membangun jalan tol di kawasan tersebut, nih!

Menurut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, ada tiga solusi yang dinilai dapat mengurangi kemacetan jalan di Puncak. Ada pelebaran jalan, penataan simpang, serta pembangunan jalan tol Puncak.

Rencananya, pembangunan tol tersebut membentang 18 kilometer di rute Caringin-Cisarua-Gunung Mas.

Adanya rencana tersebut masih dilakukan kajian terlebih dahulu, lantaran pengusahaan jalan tol ada dua skema yakni jalur solicited dan jalur unsolicited atau biasa disebut prakarsa.

Jalur solicited yaitu masuk ke dalam rencana kerja kementerian. Ada juga proses pra-feasibility study (FS) yang tahun ini sedang dilakukan, FS, AMDAL, tanah, dan sebagainya.

"Nanti akan dilihat apabila butuh dukungan pemerintah tentu akan masuk ke dalam antrean dukungan pemerintah," tutur Hedi, melansir dari Kompas (Jumat/17/06/2022).

Sementara itu, Ketua rombongan Komisi V DPR RI Lasarus, menyepakati apabila solusi satu-satunya untuk mengatasi kemacetan di Puncak adalah membangun jalan tol.

"Kita mesti bangun Jalan Tol mulai dari Caringin-Cisarua-Gunung Mas. Kita berharap ini bisa dimulai prosesnya di 2022 dan segera difungsikan," terangnya.

Berita Lainnya