Makna Memperingati Hari Lahir Pancasila yang Jatuh Pada 1 Juni

Peringati hari lahir Pancasila dengan mengenang para tokoh Indonesia

Garuda (Unsplash/mufidmajnun)
Wed, 31 May 2023

Hari Lahir Pancasila jatuh pada 1 Juni merupakan hari yang berharga untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam usaha persiapan kemerdekaan Indonesia. 

Pancasila lahir dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Saat sidang inilah, Pancasila lahir dan disebutkan untuk pertama kalinya oleh Presiden Soekarno.

Pancasila diakui lahir pada 1 Juni 1945 dan pengesahan Pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945.

Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni diputuskan menjadi hari cuti bersama nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016. Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur untuk pertama kalinya sejak tahun 2016. Sebelumnya, peringatan hari ini tidak terhitung sebagai libur, Kawula Muda.

Makna Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu RI, mengungkapkan Hari Lahir Pancasila merupakan sebuah momen yang sangat sakral. Di mana sebagai warga negara Indonesia (WNI) akan mengenang, menghormati dan menghargai perjuangan dari para tokoh pendiri bangsa dalam merumuskan Dasar Negara Indonesia.

Maka dari itu, Pancasila menjadi landasan berperilaku dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan hidup bangsa merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Indonesia.

Nilai-nilai dari 5 Prinsip Pancasila merupakan perwujudan dari toleransi agama, moral masyarakat dan bangsa, keadilan, demokrasi yang mufakat, kesejahteraan sosial, dan kebangsaan.

Dengan lahirnya Pancasila, diharapkan sebagai hal yang bermakna dan mengenang bagi warga negara Indonesia.

Bunyi 5 Sila Pancasila

1. Ketuhanan yang Maha Esa.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

3. Persatuan Indonesia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat 5. kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai warga negara yang baik, yuk, sikapi dan maknai dengan bijak Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni ini.

Berita Lainnya