Manajer Timnas Indonesia yang Dipukul saat Final Ternyata Kombes Polri

Syukurnya lukanya enggak parah banget, Kawula Muda.

Manajer Timnas U-22, Sumardji mengalami luka saat kericuhan final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023 (AFP/Mohd Rasfan)
Wed, 17 May 2023


Manajer Timnas Indonesia U-22, Kombes Pol Sumardji menjadi korban dalam pemukulan yang terjadi pada keributan kala timnas Indonesia lawan Thailand pada final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa 16 Mei 2023.

Kericuhan tersebut terjadi saat laga Timnas Indonesia vs Thailand harus dilanjutkan ke babak extra time. Saat itu, Thailand bisa menyamakan skor menjadi 2-2 di penghujung babak kedua.

Ketika laga extra time dimulai, striker Timnas Indonesia, Irfan Jauhari langsung mencetak gol yang membuat skor berubah menjadi 3-2 dan terus bertambah jadi 5-2 atas tendangan dari Sananta di menit 21 dan 45+3, Jauhari di menit ke 91, Fajar di menit ke 106 dan gol dari Beckham di penghujung pertandingan.

Manajer Timnas U-22, Sumardji mengalami luka saat kericuhan final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023 (SINDO NEWS)

Tak lama kemudian, kericuhan terjadi di lapangan, yang dapat ditonton oleh penggemar Indonesia di televisi. Selebrasi gol yang seharusnya meriah menjadi kacau balau.

Akibatnya, wajah Kombes Sumardji memerah dengan bagian hidung dan mulut agak berdarah ketika hendak melerai keributan yang malah ia menjadi ikut korban.

Terlihat jaket Sumardji ditarik official Thailand hingga terjengkang dan terkapar selama beberapa saat di rumput lapangan. Dari belakang bek Komang Teguh memukul bagian belakang kepala salah satu pemain Thailand. Sumardji pun harus dipapah dua orang untuk kembali ke bench tim Indonesia.

"Soalnya saya jatuh. Jadi saya kan menghalangi, supaya enggak ada yang ini kan, malah dipukul saya," kata Sumardji, dilansir dari laman CNN Indonesia.

Meski demikian, Sumardji sang manajer Timnas Indonesia berhasil mengantar mereka sampai menyabet medali emas SEA Games 2023 semalam.

Di luar dunia sepak bola, Sumardji adalah perwira menengah Polri dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes). Setelah dari itu, sejumlah jabatan di Korps Bhayangkara pernah dihimpun oleh Sumardji.

Pada 2020, Sumardji diangkat menjadi Kapolresta Sidoarjo Polda Jawa Timur. Sumardji kemudian mulai terjun ke dunia sepak bola pada 2016 saat ia menjadi Manajer Bhayangkara FC, tim sepak bola yang dimiliki oleh Polri. Kemudian, di tahun ini, Sumardji pun terpilih menjadi anggota Exco PSSI periode 2023-2027.

Kemenangan pertandingan tersebut membuat Indonesia berhasil unggul atas Thailand selama 32 tahun yang sebelumnya didapat pada SEA Games 1991.

Berita Lainnya