Menentang Korupsi Habis-habisan, Manny "PacMan" Pacquiao Calonkan Diri Jadi Presiden Filipina 2022

Kawula Muda, lo fansnya Manny "PacMan" gak sih?

Manny Pacquiao, calon Presiden Filipina 2022-2028. (TWITTER/BLEACHERREPORT)
Tue, 21 Sep 2021

Kawula Muda, petinju profesional Manny Pacquiao menyebut dirinya akan mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina tahun depan, menggantikan Rodrigo Duterte.

Belakangan ini, Pacquiao dan Duterte diketahui memiliki hubungan yang tidak baik, lantaran Pacquiao tidak setuju dengan sikap lunak Duterte terhadap keagresifan Beijing di Laut Cina Selatan. Ia pun diketahui tengah menyelidik perkara korupsi di pemerintahan Filipina, seperit yang dilansir TaiwanNews.

Langkah-langkah Pacquiao itulah yang membuat banyak orang percaya bahwa Pacquiao pantas untuk menduduki kursi presiden Duterte yang diketahui tidak bisa menjabat untuk kedua kalinya dengan masa jabatan 6 tahun.

Ia dicalonkan oleh partai politiknya yaitu PDP-Laban. Sementara, faksi saingannya mencalonkan ajudan lama Duterte, Senator Christopher "Bong" Go untuk menjadi presiden.

Sementara itu, Duterte juga dinominasikan sebagai calon wakil presiden dari Go. Tentunya tidak mengejutkan bagi kritikus melihat langkah Duterte untuk mempertahankan kekuasaannya di Negeri Lumbung Padi itu.

Rodrigo Duterte, Presiden Filipina. (Dok. AP)

 

Meskipun Go menolak dirinya dicalonkan oleh faksi, tetapi persaingan antar Duterte dan Pacquiao malahan terlihat semakin frontal.

"Saya adalah seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring," tegas Pacquiao.

Sementara itu, Pacquiao sempat menyebut bahwa kariernya sebagai petinju profesional telah berakhir. Melansir KOMPAS.com, ia mengungkapkan hal itu ketika menghadiri wawancara dengan aktor Filipina, Toni Gonzaga.

"Karier tinju saya sudah berakhir. Sudah selesai karena saya sudah lama bergelut di dunia tinju," katanya.

Dengan berakhirnya karier Pacquiao, maka bisa disimpulkan, pria yang berusia 42 tahun itu telah meraih 62 kemenangan (39 KO), delapan kekalahan, dan dua seri sejak dirinya memutuskan untuk berkarier sebagai petinju profesional tahun 1995 silam.

Menurut Kawula Muda gimana, nih, dengan langkah "PacMan" selanjutnya?

Berita Lainnya