Mengenal Penyakit Palpitasi Jantung yang Dialami Haechan NCT

Ternyata penyakit ini bisa dialami oleh anak muda, loh :(

Ilustrasi terkena palpitasi jantung (UNSPLASH)
Mon, 09 Jan 2023

Kawula Muda, salah satu member dari NCT 127, Haechan dikabarkan akan rehat sementara waktu lantaran penyakit palpitasi jantung yang ia alami.

Pihak agensi mereka, SM Entertainment mengabari langsung artis naungannya tersebut pada Jumat, 6 Januari 2022.

"Baru-baru ini, Haechan mengalami kondisi abnormal seperti jantung berdebar-debar, dada sesak, dan banyak lagi," terang SM Entertainment, melansir dari laman Soompi.

"Jadi dia pergi ke rumah sakit bersama manajernya dan mendapatkan konsultasi dan pemeriksaan di mana dia mendapat saran medis bahwa perawatan dan istirahat diperlukan."

Maka dari itu, Hacehan tidak bisa turut serta dalam kegiatannya pada pekan ini. Konser NCT 127 di Amerika Serikat dan Amerika Latin pun tidak bisa dihadiri oleh Haechan. Agensi juga akan memberitahu penggemar apabila Haechan sudah pulih.

Ilustrasi terkena palpitasi jantung (UNSPLASH)

 

Faktor terjadinya palpitasi jantung 

Palpitasi jantung adalah sebuah sensasi ketika jantung berdegup dengan kencang. Istilah ini dikenal dengan sebutan jantung berdebar, yang dirasakan di dada hingga area tenggorokan saat beraktivitas maupun sedang beristirahat.

Pada kasus biasanya, jantung berdebar sebenarnya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun detak jantung yang lebih cepat dari biasanya juga dapat mengarah pada kondisi medis serius.

Melansir dari Alodokter, Senin (09/12/2022), palpitasi jantung bisa dialami oleh siapa saja, loh Kawula Muda, baik dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa.

Penyakit ini kerap terjadi oleh beberapa faktor, dari psikologis seperti kecemasan, ketakutan, stres atau depresi, dan serangan panik. Apalagi dari gaya hidup misal merokok, konsumsi minuman beralkohol dan berkafein, konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan MSG.

Ada beberapa gejala yang biasa terjadi oleh orang yang terkena palpitasi jantung:

- Dada berdebar sangat cepat dan tepat hingga tenggorokan atau leher

- Jantung berdetak lebih lambat dari biasanya, tapi debarannya sangat terasa pada dada

- Debaran jantung dapat digambarkan sebagai ketukan keras di sekitar dada

- Detak jantung terasa seperti melompat

Palpitasi jantung bisa terjadi oleh siapa pun, kalau lo mengalami gejala seperti di atas, jangan dibiarkan, langsung ke rumah sakit untuk penanganan yang benar, yaa.

Berita Lainnya