Menhub akan Gratiskan Tarif Tol Mudik jika Macet Berkepanjangan

Kawula Muda, nanti kamu mudik gak nih?

Ilustrasi mudik lebaran. (Dok Okezone)
Thu, 21 Apr 2022


Berbagai rencana telah disiapkan oleh pemerintah saat mudik Lebaran 2022 yang akan datang, termasuk gratisnya tarif tol untuk pemudik.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, tol akan digratiskan pada mudik Lebaran 2022. Adanya tol gratis ini dapat dilakukan jika kemacetan antrean lebih dari 1 km.

Bila ada macet panjang di pintu tol, pemudik tidak perlu membayar tol. Hal ini bertujuan agar pengelola dapat memberikan performa pelayanan baik selama mudik Lebaran 2022.


Ilustrasi macet (UNSPLASH)

 

 "Ada satu diskresi, apabila antrean mobil (di gerbang tol) itu lebih dari 1 kilometer, maka tidak harus bayar. Jadi kita bisa memberikan suatu homework untuk pengelola tol, supaya tidak macet," ujar Budi, melansir dari CNN Indonesia, Rabu (21/04/2022).

Selain itu, Budi dan pihak pengelola tol sepakat untuk tidak memberikan diskon tarif tol pada mudik Lebaran 2022. Sebagai informasi, diskon tarif tersebut sudah diberikan sejak tahun 2015 hingga terakhir pada tahun 2019.

Mengenai jumlah kendaraan pribadi yang diprediksi akan mudik Lebaran di tahun ini, mencapai 39,8 juta orang dengan rincian mobil pribadi 22,9 juta orang dan sepeda motor 16,9 juta orang.

Sedangkan untuk angkutan darat dengan kendaraan umum, 25,7 juta orang (bus 14,1 juta orang, mobil sewa 6,7 juta orang, mobil travel 4,5 juta orang dan taksi daring 0,4 juta orang. Sisanya menggunakan transportasi udara, kereta api dan transportasi air.

Berita Lainnya