MLFF: Cara Baru Bayar Tol tanpa Mengantre

Semoga jadi gak macet di gerbang tol ya, Kawula Muda

Ilustrasi pembayaran e-toll. (Dok. BLOCKXPERIENCE)
Fri, 20 May 2022


Pemerintah wacanakan cara baru untuk membayar tol. Bila sebelumnya Kawula Muda perlu men-tap uang elektronik di sistem e-toll, kini akan menjadi sistem tanpa sentuh atau multilane free flow (MLFF). 

Dengan sistem MLFF tersebut, transaksi di pintu tol akan menjadi 0 detik saja. Dengan begitu, sistem tersebut diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang biasa terjadi di gerbang tol. 

Ilustrasi bayar tol. (Dok. LIPUTAN6)

 

Sistem MLFF bekerja dengan memanfaatkan ponsel pengendara. Pengendara hanya perlu mengunduh sebuah aplikasi untuk mengaktifkan fitur tersebut. Setelah itu, pengendara hanya perlu melewati gerbang tol dengan kecepatan normal. 

Transaksi akan secara otomatis berlangsung di ponsel pengendara masing-masing karena adanya bantuan lewat satelit. Sayangnya, belum ada informasi terkait aplikasi yang akan dimanfaatkan untuk fitur MLFF tersebut. 

Adapun pemerintah berencana untuk mulai memperkenalkan dan menguji metode pembayaran ini pada akhir tahun 2022. Kemudian, diharapkan sistem pembayaran tanpa sentuhan tersebut dapat mulai dilakukan pada tahun depan. Beberapa daerah yang menjadi prioritas adalah sebagai besar ruas jalan tol Jawa dan Bali. 

Beberapa bank pun telah mengakui mendukung program pemerintah tersebut. Misalnya saja Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan Bank Central Asia (BCA) 

Berita Lainnya