Momen Jokowi Ajak Tiga Bakal Capres Makan Bersama di Istana

Menunya apa saja ya?

Momen Jokowi Ajak Tiga Bakal Capres Makan Bersama di Istana (BPMI Setpres/presidenri.go.id)
Tue, 31 Oct 2023


Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama tiga bakal calon presiden (bacapres) yang akan berpartisipasi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Ketiganya diundang ke Istana Merdeka pada Senin (30/10/2023).

Ketiga capres terlihat sempat berbincang bersama sebelum bertemu dengan Jokowi. Ketiganya yang menggunakan kemeja motif batik yang berbeda, berbincang dengan hangat di ruang tamu Istana Merdeka.

Ketika di ruang makan, mereka duduk melingkar menghadap dengan meja yang sudah tersaji menu makanan nusantara.

Melansir dari rilisan pers Presiden RI, beberapa menu yang disajikan antara lain adalah nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam dan bebek panggang. 

Ada pula cumi goreng, udang telur asin hingga kaylan cah sapi. Tak lupa dengan minuman yang tersaji yaitu es laksamana mengamuk khas Riau dan jus jeruk.




Dalam sosial media Twitter X, Jokowi membeberkan suasana saat makan siang tersebut terlaksana.

“Kami bersantap dalam suasana hangat dan diselingi perbincangan yang akrab,” ujar Jokowi dalam akun X, Senin (30/10/2023).

Atas undangan makan siang tersebut, Prabowo Subianto berterima kasih kepada Jokowi di depan awak media.

“Tadi kita baru saja diundang makan oleh Bapak Presiden dan lumayan tadi ya makannya. Ada soto tadi, lontong, cumi-cumi, sayur, lumayan jadi bagus ya kita juga dalam suasana yang akrab. Dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya,” ujar Prabowo.

Sementara itu, Anies Baswedan juga mengungkapkan beberapa poin yang dibahas selama makan siang. Ia menurutkan, adanya bahasan tentang para aparat untuk berlaku netral dalam perhelatan pilpres mendatang.

“Tadi beliau sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan penjabat gubernur, bupati, bahkan akan mengumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral dan kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional. Jadi itu salah satu yang kami sampaikan kepada beliau dan beliau merespons positif, baik, sehingga diskusi kita juga tadi lancar,” jelas Anies.

Ganjar Pranowo menyetujui percakapan tersebut dengan menilai bahwa Presiden Jokowi akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Ia pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar pemilu bisa berjalan dengan baik, damai, dan adil.

“Beliau orang baik, insya Allah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik, dan mudah-mudahan tadi apa yang disampaikan oleh beliau-beliau jugainsya Allahh akan bisa dilaksanakan. Tugas kita, yuk kita jaga bersama-sama pemilu ini damai, para aparaturnya betul-betul imparsial, semua bisa berjalan dengan fair, dan kita bisa saling menjaga,” ujar Ganjar.

Jokowi lalu mengucapkan terima kasih atas kesediaan dan momen yang didapatnya kepada ketiga bacapres.

"Terima kasih atas kehadiran Pak Prabowo, Pak Ganjar, dan Pak Anies," tutup Jokowi.

Berita Lainnya