Momen-Momen Terakhir Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Hai Kawula Muda, RIP Ratu Elizabeth II.

Ratu Inggris Elizabeth II. (STATIC.INDEPENDENT.UK)
Fri, 09 Sep 2022


Berita duka dari Inggris Raya. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Baltimor, Skotlandia, Kamis (8/9/2022) waktu setempat.
Sang Ratu meninggal dunia di usia 96 tahun, setelah kondisi kesehatannya semakin memburuk dalam beberapa waktu terakhir.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," demikian pernyataan Istana Buckingham.

Kesehatan Ratu Inggris, Elizabeth II, dikabarkan dalam situasi yang memburuk. Bahkan, dokter kerajaan menyarankan kesehatan ratu 96 tahun itu untuk selalu dalam pantauan tim medis.

Disebutkan oleh Istana Buckingham, sang ratu telah menderita 'masalah mobilitas episodik' sejak akhir tahun lalu hingga terpaksa mengurangi keterlibatannya dalam acara publik.

Momen terakhir yang dilakukan Ratu Elizabeth adalah ketika menerima audiensi dari Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru, Liz Truss.

Kedatangan Truss untuk beraudiensi dengan ratu di Balmoral tersebut bukanlah kejadian yang lazim terjadi. Karena biasanya, audiensi terjadi di Istana Buckingham dan bukan di luar lokasi itu.

Dalam momen dialog dengan ratu itu, Truss mengatakan seluruh negeri sangat prihatin dengan berita kesehatan Ratu Elizabeth yang memburuk.

Tahta sepeninggal Ratu

Ratu Inggris, Elizabeth II. (BBCI.UK)

  

Saat Ratu Elizabeth II meninggal, takhta langsung diserahkan ke pewarisnya yakni Charles, mantan Pangeran Wales, tanpa upacara. Namun nantinya tetap ada beberapa tahapan tradisi yang harus dilalui Charless untuk penobatannya menjadi raja.

Salah satu hal pertama yang harus diputuskan yakni menentukan apakah dia akan memerintah sebagai Raja Charles III atau mengambil nama lain. Charles bisa memilih salah satu dari empat suku kata namanya: Charles Philip Arthur George.

Dalam 24 jam pertama atau lebih setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, Charles akan secara dinyatakan sebagai Raja. Ini akan dilakukan di Istana St James di London.

Lewat akun media sosial resminya, keluarga Kerajaan Inggris langsung merujuk Charles sebagai Raja dan istri Charles yaitu Camilla menjadi permaisuri atau queen consort.

"Raja dan permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan kembali ke London besok," demikian keterangan keluarga Kerajaan Inggris merujuk Charles dan Camilla.

Berita Lainnya