Pasangan di Aceh Edarkan Uang Palsu Belajar dari YouTube

Kemarin ganja sekarang uang palsu ya “)

Ilustrasi uang tunai rupiah (PIXABAY)
Tue, 26 Apr 2022


Satreskrim Polresta Banda Aceh menangkap pasangan suami istri NF dan YM karena edarkan uang palsu. Sebelumnya, diketahui pasangan tersebut belajar mencetak uang palsu dari YouTube.

Adapun pasangan tersebut ditangkap polisi setelah mendapat laporan dari Ikhsan. Saat itu, Ikhsan menjual ponsel bekas iPhone lewat Facebook.

Rupiah, mata uang resmi Indonesia. (FREEPIK)

 

NF (34) pun membeli ponsel tersebut dari Ikhsan. Keduanya bertransaksi di kawasan Siron Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Belakangan, Ikhsan baru menyadari uang yang dibayarkan NF adalah uang palsu.

“Uang palsu saat transaksi itu ada pecahan Rp 100 ribu sebanyak 45 lembar (Rp 4,5 juta), dan pecahan Rp 50 ribu 23 lembar (Rp 2,25 juta),” tutur Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol M Ryan Citra Yudha pada Senin (26/04/2022) dikutip dari Asumsi. 

Adapun polisi mendatangi rumah kos tersangka setelah mendapat laporan dari Ikhsan. Namun, rupanya pelaku bersama istrinya tidak lagi berada di kos yang berlokasi di wilayah Lueng Bata Banda Aceh tersebut. 

Polisi pun kembali menelusuri keduanya dan baru berhasil menemukan pasangan tersebut di kawasan Keutapang Aceh Besar. 

Sementara itu, Ryan menjelaskan ini pertama kalinya pasangan tersebut berhasil mencetak uang palsu. NF dan YM diketahui telah melakukan upaya memalsukan uang tersebut sejak 2020 lalu. 

“Ini kali pertama pelaku berhasil membuat uang palsunya, tetal semuanya yang sudah dicetak Rp6 juta,” tambah Ryan. 

Polisi pun menyita barang bukti berupa uang palsu senilai Rp 5,65 juta berupa 45 lembar pecahan Rp 100 ribu dan 23 lembar pecahan Rp 50 ribu. Ada pula satu unit iPhone, satu mesin printer, serta satu unit sepeda motor matic yang disita oleh polisi. 

Berita Lainnya