Pelestarian Jamu Disorot Majalah Vogue sebagai Minuman Tradisional Indonesia

Minuman sehat ini bisa go internasional, Kawula Muda!

Minuman tradisional jamu masuk ke dalam majalah Vogue (INSTAGRAM/voguemagazine)
Tue, 04 Apr 2023


Minuman tradisional khas Indonesia, jamu, masuk ke dalam majalah gaya hidup dan mode Amerika Serikat yakni Vogue. Kabar ini diunggah oleh akun resmi @voguemagazine.

Dalam unggahannya, Vogue memajang deretan foto yang menggambarkan budaya minuman jamu sebagai salah satu tradisional di masyarakat Indonesia.

Vogue menuliskan "Generasi Wanita Indonesia Melestarikan Tradisi Jus Kuno," sebagai pembahasan awal mengenai minuman herbal khas Nusantara.

Pada slide pertama di unggahan, memperlihatkan sosok wanita paruh baya yang memamerkan foto dirinya saat masih muda yang sudah menjalankan profesi sebagai penjual jamu gendong keliling.

Minuman tradisional jamu masuk ke dalam majalah Vogue (INSTAGRAM/voguemagazine)

 


"Jamu merupakan kesehatan yang bisa diakses, dan itulah yang membuatnya begitu kuat, ini bukan hanya minuman, ini adalah konsep merawat diri sendiri," ungkap Metta Murdaya, penulis Jamu Lifestyle dalam keterangan Instagram.

"Jamu istilah umum untuk minuman herbal tradisional yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan, merupakan cara hidup sehari-hari dan menjadi landasan budaya di seluruh Indonesia."

Lebih lanjut, Vogue menjelaskan ada ribuan variasi jamu yang berbeda antar daerah (di Jawa resepnya lebih banyak akar dan bumbu, sementara di Bali lebih banyak buah dan daun).

Vogue menulis, jamu wanita telah mengangkut ramuannya setiap hari. Biasanya, mereka membawa sebanyak 12 botol kaca sekaligus dalam keranjang bambu yang diikatkan di punggung dengan selendang, mereka berjalan berkilo-kilo.

Munculnya jamu sebagai ulasan yang dibahas oleh majalah Vogue mengundang pujian dari warga Tanah Air. Pasalnya, majalah Vogue dilihat sebagai bahasan mode kekinian.

"Indonesian pride"

"Yeah, thats my country"

"Keren banget! semoga makin banyak penelitian tentang jamu sehingga bisa jadi warisan budaya yang bermanfaat"

"Indonesia represent"

Sebagai informasi, Vogue adalah majalah gaya hidup dan mode asal Amerika Serikat yang diterbitkan secara bulanan di 23 negara.

Bangga banget enggak sih, Kawula Muda!

Berita Lainnya