Pemerintah akan Turunkan Dana BLT Minyak Goreng dan Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Begini Persyaratannya

Selagi bulan puasa, ya Kawula Muda!

Ilustrasi uang tunai (UNSPLASH/Markus Spiske)
Wed, 06 Apr 2022


Menjelang Ramadan, pemerintah menyiapkan beberapa skema Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dua di antaranya adalah BLT minyak goreng dan BLT gaji Rp 1 juta untuk para pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta. 

Berikut ini syarat dan ketentuan untuk mendapatkan dana tersebut!

BLT Minyak Goreng

Warga antre beli minyak goreng. (TWITTER/TXTFROMBRAND)

 

BLT minyak goreng adalah program kolaborasi Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI/Polri. Lewat program ini, pemerintah akan memberikan bantuan senilai Rp 100.000 untuk tiga bulan. Namun, uang tersebut akan dibayarkan secara langsung pada April 2022, yakni sebesar Rp 300.000. 

Hal tersebut merupakan respons pemerintah akan tingginya harga minyak sawit dunia. Karena itu, sasaran BLT tersebut adalah masyarakat yang kesulitan ekonomi untuk membeli minyak goreng

Adapun BLT tersebut akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang masuk ke dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), hingga 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) penjual gorengan. 

Untuk Kawula Muda yang ingin mengecek apakah telah terdaftar di program ini, terdapat beberapa cara seperti berikut. 

1. Laman Cekbansos.kemensos.go/id

Silakan masukan data diri, wilayah, nama, kemudian ‘cari data’. Jika terdaftar, mana nama Kawula Muda akan muncul dan kolom ‘ya’ pada status BPTN telah tercentang.

2. Aplikasi cek bansos

Lewat aplikasi tersebut, Kawula Muda akan memasukkan data diri dan kemudian akan diberi tahu apakah termasuk ke dalam salah satu penerima BPNT 2022. 

3. Kantor Dinas Sosial

Cara manual untuk mengecek status penerima BLT adalah dengan menanyakannya kepada petugas di dinas sosial setempat. 

BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Ilustrasi slip gaji. (FREEPIK)

  

Kementerian Perekonomian mengkonfirmasi program subsidi gaji (BLT gaji) akan kembali dilaksanakan. Adapun para pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta akan layak mendapat bantuan tunai. Dengan total bantuan Rp 1 juta, BLT gaji akan diberikan dalam dua bulan dengan besaran masing-masing Rp 500 ribu. 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan sekitar 8,8 juta pekerja akan mendapat BLT gaji tersebut. Selain gaji di bawah Rp 3,5 juta, syarat lainnya adalah pekerja bekerja di wilayah PPKM 3 dan 4. 

Untuk mengetahui apakah Kawula Muda terdaftar ke dalam program ini, silakan ikuti langkah berikut! 

1. Buka sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Login dengan akun yang dimiliki

3. Pilih menu layanan

4. Klik ‘kartu digital’

5. Akan muncul informasi mengenai data diri serta status kepesertaan. 

Berita Lainnya