Pemerintah India Usul Rayakan Hari Valentine dengan Memeluk Sapi

Jomblo sih, tapi enggak peluk sapi juga kali ya?

Ilustrasi warga India rayakan Hari Valentine dengan Hari Peluk Sapi (SKY NEWS)
Mon, 13 Feb 2023

Hari Valentine identik dengan merayakan bersama kekasih maupun kerabat terdekat dengan memberikan kado. Namun, apa jadinya dengan Hari Kasih Sayang ini dirayakan dengan memeluk sapi seperti di India?

Yup! Pemerintah India bakal menggelar Hari Peluk Sapi yang bertepatan dengan Hari Valentine pada 14 Februari, nih Kawula Muda.

Melansir dari laman CNN, Senin (13/02/2023), deklarasi 14 Februari sebagai Hari Peluk Sapi pertama kali disampaikan dalam sebuah pernyataan dari Dewan Kesejahteraan Hewan India, yang menyebut sapi sebagai tulang punggung budaya India dan ekonomi pedesaan.

Tujuannya, untuk mempromosikan nilai-nilai Hindu dengan lebih baik dan menggantikan Valentine yang berasal dari budaya Barat.

Sapi memang dianggap sebagai hewan suci mayoritas penduduk Hindu di India. Bahkan, hewan tersebut disebut sebagai simbol bumi dan dewa.

Ilustrasi warga India rayakan Hari Valentine dengan Hari Peluk Sapi (GETTY IMAGES/Narinder Nanu)

"Sapi adalah pemberi segalanya yang menyediakan kekayaan bagi umat manusia karena sifatnya yang bergizi," terang badan hukum yang memberi nasihat kepada Kementerian Perikanan, Peternakan, dan Perah India.

Budaya ini juga sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan Veda atau tradisi suci Hindu yang diklaim lambat laun hilang karena pengaruh Barat.

Anggota parlemen BJP Giriraj Singh pun menyatakan dukungannya atas rencana pemerintah tentang Hari Peluk Sapi.

"Sapi harus dipeluk. Kita harus mencintai dan memeluk sapi itu," katanya.

Meski demikian, usulan perayaan itu sepertinya jadi bumerang kepada rakyatnya sendiri, Kawula Muda. Hari Valentine memeluk sapi ini jadi bahan ejekan rakyat India.

Masih dalam laman CNN, seorang pembaca berita di salah satu saluran berita berbahasa Inggris, NDTV, mencoba memeluk beberapa ekor sapi, namun binatang tersebut memberontak.

Seminggu kemudian setelah rencana Hari Peluk Sapi ada, usulan tersebut dibatalkan pemerintah.

Berita Lainnya