Kronologi Singa Kejar-kejaran sampai Tabrak Mobil Pengunjung di Taman Safari

Raja hutan beraksi, Kawula Muda

Detik-detik dua ekor singa menabrak mobil pengunjung Taman Safari II Jatim (TIKTOK/youkopi107)
Mon, 13 Feb 2023


Kawula Muda, Sabtu, (11/02/2023) video perkelahian dua ekor singa yang tersebar di media sosial dan menabrak sebuah mobil viral. Perkelahian hewan buas ini diketahui terjadi di Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Awalnya, video mobil ditabrak singa ini menjadi viral di media sosial setelah seorang Warganet yang berada di belakang mobil tersebut merekam kejadian ini. Dalam video tersebut, terlihat dua ekor singa saling berkejaran hingga salah satunya menabrak mobil Toyota Yaris berwarna merah. Akibatnya, kaca lampu sein kiri mobil itu pecah.


Bersama dengan viralnya video tersebut, Febrian Permana, sang pengemudi mobil juga membagikan foto kondisi mobil pasca tabrak lari para singa. 

"By the way..ini hasil ditabrak singa berantem..jujur ane enggak mau berdamai..salaman aja ane enggak mau," cuit Febrian melansir akun Twitternya, @febrian_pepe Minggu (12/02/2023).

Tidak hanya itu, Febrian juga membagikan video detik-detik para singa menabrak mobilnya melalui sudut pandang kamera istrinya yang duduk di kursi depan sebelah kiri.

Terlihat detik-detik dua ekor singa saling kejar lalu berlari ke arah mobil dan menabrak sisi kiri mobil. Suasana yang tergambar dalam video tersebut mendadak mencekam.

Tanggapan Pihak Taman Safari

Ilustrasi Singa di Taman Safari II Jatim yang menabrak mobil salah satu pengunjung (TAMAN SAFARI II JATIM)

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Taman Safari Indonesia II Jawa Timur, Tony Sumampau mengatakan kejadian itu terjadi karena singa tersebut sedang bercanda. Menurutnya, kejadian mobil ditabrak singa itu dikarenakan para singa masih remaja dan senang bermain.

Kejadian itu juga disebut tak berdampak pada kunjungan dan operasional Taman Safari.

"Tidak ada (dampak dan penyesuaian), kadang-kadang saja mereka bercanda, hanya kemarin salah satunya tidak dapat menghindar kendaraan yang merah jadi terbentur olehnya. Para singa masih remaja dan senang bermain-main," ujarnya.

Education Manager Taman Safari II Jatim & Baobab Safari Resort, Eko Windarto juga mengatakan bahwa kedua singa tersebut sama-sama sedang menunjukkan kebiasaan alami mereka, yakni saling menunjukkan kekuatan. Hal ini dikarenakan saat itu terdapat betina yang memasuki masa kawin, Kawula Muda.

Sehingga, menurut Eko, saat ada singa betina yang memasuki masa kawin, maka singa-singa jantan ini akan menunjukkan siapa yang lebih kuat di antara mereka melansir Kumparan. Terkadang, para singa kerap merasa bahwa singa jantan lainnya hendak merebut atau mengajak bertarung untuk memperebutkan singa betina tersebut.

Taman Safari Ganti Rugi 

Di sisi lain, Tony juga memastikan biaya perbaikan mobil pengunjung yang ditabrak oleh singa di lokasi tersebut akan ditanggung asuransi. Pasalnya, semua pengujung dan kendaraan yang masuk Taman Safari II Jatim dijamin asuransi Jasaraharja Putera.

"Semua pengunjung serta kendaraan yang masuk ke Safari di asuransi Jasaraharja Putera. Jadi pasti ditanggung biaya perbaikannya," kata Tony, dikutip dari Detik, Minggu (12/02/2023).

Berita Lainnya