Pencarian 2020, Tilik Paling Dicari di Indonesia

Apakah kamu sudah nonton Tilik?

(Screenshot: YouTube/Ravacana Films)
Fri, 11 Dec 2020

Salah satu film pendek karya Ravacana Films, Tilik menjadi tayangan yang paling banyak dicari di Indonesia tahun ini.

Film pendek berdurasi 32 menit ini mengungguli beberapa tayangan besar, seperti Crash Landing on You, The World of Married, dan Milea.

Peringkat Year in Search 2020 yang dibuat oleh Google Indonesia menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap film pendek ini sangat tinggi sehingga mendapat pencarian terbanyak.

Film besutan sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini heboh dibicarakan setelah aksi dari salah satu tokohnya, Bu Tejo, menarik perhatian warganet.

Berlatar di Bantul, Yogyakarta, film ini berkisah tentang ibu-ibu yang hendak menjenguk Bu Lurah yang sedang sakit. Sepanjang perjalanan yang panjang, Bu Tejo (Siti Fauziah) banyak bercerita soal Dian yang dinilai mendapat uang dari pekerjaan "kotor".

Bu Tejo berusaha meyakinkan sesama ibu-ibu di perjalanan dengan bukti yang didasari pada pengamatannya kepada Dian di dunia maya dan nyata.


Sifat Bu Tejo adalah refleksi dari perilaku masyarakat yang hobi percaya pada pandangan pertama. Berita tidak diperiksa kebenarannya dan disebar ulang mulut ke mulut.

Tilik telah tayang sejak 2018, tetapi baru diunggah oleh Ravacana Films bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Sempat menjadi perdebatan saat itu ketika terdapat pro kontra soal penokohan Bu Tejo. Beberapa orang menganggap film ini tidak layak karena mempromosikan budaya misinformasi dan gosip bagi masyarakat.

Namun, masyarakat dapat memahami Tilik sebagai karya film pendek Indonesia yang masih belum banyak dikenal. 

Setelah Tilik melejit, tidak sedikit film pendek yang telah ada di YouTube turut menjadi tontonan. Bahkan, ada pula yang membuat parodi versi bapak-bapak dari Tilik.

Melalui akun penggiat film yang ada di media sosial, banyak yang memberikan playlist film pendek karya anak bangsa yang dapat kamu tonton selama di rumah.

Selain Tilik, Ravacana Films juga memiliki beberapa film pendek lain. Kamu juga bisa mencari film pendek lainnya dari platform video yang ada. 

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya