Pengemudi Dapat Refund Tiket Kapal Bila Terjebak Macet Menuju Pelabuhan

Semangat mudiknya, Kawula Muda!

Dokumentasi kemacetan yang dialami seorang pemudik saat menuju Pelabuhan (TWITTER/Tom)
Wed, 27 Apr 2022


PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengatakan pemudik dapat mengajukan refund tiket apabila terjebak macet saat menuju pelabuhan. Selain mengajukan refund, pengemudi juga dapat mengajukan perubahan jadwal (reschedule) jadwal kapal.

Adapun pengajuan tersebut paling lambat dua jam sebelum jadwal masuk pelabuhan yang telah dipesan. Pengajuan tersebut kini sudah dapat dilakukan lewat aplikasi Ferizy

“Untuk kondisi khusus seperti itu, nanti pengguna jasa akan dibantu oleh petugas lapangan. Reschedule untuk bisa berangkat di jadwal berikutnya yang available,” tutur Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dikutip dari CNNIndonesia pada Rabu (27/04/2022). 

Sementara itu, beberapa pemudik memang memilih kapal sebagai alternatif transportasi. Adapun data ASDP menunjukkan jumlah penumpang mencapai 223.468 sejak H-10 hingga H-6 lebaran. 


Karena kenaikan volume penumpang itulah, tak heran apabila terjadi kemacetan di jalan menuju pelabuhan. Salah satunya dikeluhkan oleh warganet saat dalam perjalanan menuju Pelabuhan Merak. 

"@asdp191 sudah stuck menuju pelabuhan Merak lebih dari 2 jam, padahal perkiraan maps tadinya cuma setengah jam lagi sampai pelabuhan, mau reschedule tiket jam 9 sudah ga bisa, mohon solusi bijak tiket yang jadi expired gara-gara nggak jalan lebih dari 2 jam!," tulis pemilik akun Twitter @yasmin_shaha dikutip dari CNNIndonesia. 

Pemudik lainnya juga mengeluhkan hal serupa. Dany Laksana, seorang pemudik yang berangkat sejak subuh dari Depok, Jawa Barat juga terjebak di kemacetan ketika menuju Pelabuhan Merak, Banten. Dany menjelaskan kendaraan hanya bergerak 1 Km dalam 1 jam.

Atas berbagai keluhan tersebutlah, ASDP memutuskan melakukan kebijakan refund dan reschedule tersebut. 

Berita Lainnya