Pesawat Komersial Isi Bahan Bakar Avtur Rp 150 Juta untuk Sekali Terbang

Harganya bisa buat buka kedai kopi, Kawula Muda

Ilustrasi Pengisian Bahan Bakar Pesawat (UNSPLASH)
Mon, 19 Sep 2022


Bahan bakar jet atau avtur merupakan salah satu jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang untuk digunakan pada pesawat terbang yang bermesin turbin gas. Tidak hanya itu, avtur juga menjadi faktor penentu besaran harga tiket pesawat, loh. Jika harga avtur naik, dapat dipastikan harga tiket pesawat juga naik.

Kawula Muda mungkin penasaran, berapa harga avtur yang dibutuhkan untuk pesawat dalam sekali penerbangan. 

Beberapa waktu lalu, seorang pilot dengan akun @sendyid mengungkapkan berapa avtur yang dibutuhkan satu pesawat untuk sekali penerbangan Jakarta-Malang.

Dalam video unggahannya, pilot tersebut tidak hanya menunjukkan tahapan persiapan pesawat sebelum terbang. Ia juga memberikan bocoran berapa avtur yang dibutuhkan untuk sekali penerbangan Jakarta-Malang.

Ternyata, avtur yang dibutuhkan untuk satu pesawat sebanyak 10.165 liter atau jika dikonversi sebesar Rp 153 juta, loh!

Harga yang fantastis, Kawula Muda. Bukan tidak mungkin, dalam satu kali penerbangan Jakarta-Malang saja, pesawat tersebut harus mengisi avtur sebanyak lebih dari 10.000 liter! Jika dikalikan dengan harga avtur per liter, yaitu Rp 15.000, 153 juta adalah harga yang mungkin.

Harga tiket Jakarta-Malang sendiri dijual seharga Rp1 jutaan, wajar saja tiket tersebut dijual dengan harga tersebut mengingat pesawat Jakarta-Malang dapat menampung kurang lebih 180 orang.  

Harga avtur per liter tersebut dilansir dari laman resmi Pertamina, Kawula Muda. Diketahui, harga avtur sendiri memang sedang naik akhir-akhir ini. 

Video mengenai pengisian avtur tersebut sudah ditonton lebih dari 3 juta kali. Akun @sendyid sendiri mengaku membuat video tersebut agar masyarakat teredukasi soal mengapa harga tiket pesawat bisa mahal.

@sendy_id Episode 1 | Harga Tiket Mahal ✈️. Pesawat menggunakan Bahan Bakar Avtur untuk dapat mengudara. Harga bensin / liter 15000 an. Ini double Uplift #aviation #batikair #bensin #pertamina #petralite #pramugari #lionair #bbmsubsidi ♬ original sound - Sendy ID ✈️

Bagaimana menurut lo?

Berita Lainnya