Polemik Penggunaan Stadion Utama GBK, Bolehkah Digunakan untuk Konser?

Jadi yuk udahan ributnya, Kawula Muda :)

Dokumentasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (INSTAGRAM/ONE_DAY_STADIUM)
Mon, 06 Mar 2023


Baru-baru ini, ramai persoalan terkait kegiatan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Banyak warganet yang mempertanyakan, selain digunakan untuk pertandingan olahraga, apakah SUGBK juga boleh dipakai untuk menghelat acara lain seperti konser?

Rupanya, kegiatan lain seperti konser hingga gathering juga boleh diselenggarakan di warisan nasional tersebut, Kawula Muda! Hal tersebut pun dikonfirmasi oleh Humas Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) seperti dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara. 

Stadion Utama Gelora Bung Karno (UNSPLASH/DINO JANUARSA)

 

“Kehadiran GBK mempunyai fungsi lengkap, bukan hanya sebagai sarana olahraga tapi juga berfungsi sebagai sarana rekreasi, sosial budaya, politik bahkan ekologi baru bagi Kota Jakarta,” demikian isi keterangan resmi tersebut seperti dikutip oleh Prambors pada Senin (06/03/2023). 

Mengutip laman resmi peminjaman GBK, terdapat beberapa kategori kegiatan yang dapat dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Beberapa di antaranya yakni gathering, turnamen, konser, hingga pameran. 

Setiap kategori tersebut pun dapat digelar di SUGBK dengan budget yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya, Kawula Muda! 

Regular Event A

- Biaya Rp 450.000.000 (Weekday) dan Rp 500.000.000 (Weekend) dari pukul 06.00 hingga 22.00 (16 jam)

- Khusus untuk pertandingan olahraga

- Fasilitas: Scoring board dan sound system, lampu arena (terpasang), royal lounge, sky lounge, royal box, sky box, ruangan konferensi pers, ruangan media, ruang atlet (12 jam), free media promosi kecuali aboard, back up genset (untuk lampu penerangan).

Regular Event B

- Biaya: Rp 200.000.000 (Weekday) dan Rp 250.000.000 (Weekend) dari pukul 06.00 hingga 22.00 (16 jam)

- Hanya mendapat tribune (kapasitas 77.193)

- Fasilitas: Scoring board dan sound system (terpasang), ruang sekretariat, free media promosi kecuali aboard, back up genset (untuk lampu penerangan).

Regular Event C

- Biaya: Rp 750.000.000 (Weekday) dan Rp 850.000.000 (Weekend) dari pukul 06.00 hingga 22.00 (16 jam)

- Mendapat arena dan tribune

- Fasilitas: Scoring board dan sound system dan lampu penerangan (terpasang), royal lounge, sky lounge, royal box, sky box, ruang konferensi pers, ruang media, ruang sekretariat (12 jam), back up genset (untuk lampu penerangan)

- Untuk kegiatan non olahraga wajib menggunakan field cover

Adapun sistem peminjaman GBK dapat dilakukan jauh-jauh hari lewat laman resmi peminjaman GBK tersebut. Seluruh detail peminjaman hingga slot waktu kosongnya SUGBK pun sudah tertera dalam laman tersebut. Karena itu, apabila ingin menggunakan SUGBK untuk acara lo, pastikan telah melakukan booking sejak jauh-jauh hari untuk mencegah bentrok dengan acara lain, ya Kawula Muda! 

Sementara itu, Stadion GBK merupakan kompleks olahraga terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara. Stasiun yang dibangun pada masa Asian Games ke-4 pada 1962 tersebut pun telah mendapat predikat warisan nasional (National Heritage). 

Berita Lainnya