Polisi Saran Plat Nomor Bisa Pakai Nama, Tapi Bayar Rp 500 Juta

Kawula Muda, menurut lo worth it tidak, bayar Rp 500 juta untuk gunakan nama di plat nomor?

Number Plates (UNSPLASH/toa heftiba)
Fri, 07 Jul 2023

Irjen Firman Shantyabudi selaku Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) ingin pemerintah dapat menyetujui penerbitan aturan mengenai plat nomor kendaraan yang bisa menggunakan susunan huruf menyerupai nama seseorang.

Dilansir dari CNN Indonesia, Menurut Irjen Firman Shantyabudi, hal itu dapat menjadi peluang dalam peningkatan pemasukan negara dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Irjen Firman Shantyabudi mengungkapkan dalam rapat bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, “Besok kita harapkan pemerintah bisa terbitkan satu keputusan, (pelat) nomor itu bisa, contohnya mobil ini bisa YUSRI-1 kalau dia berani bayar Rp500 juta untuk 5 tahun. Kenapa tidak? Tapi masuk PNBP.” 

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi (LIPUTAN6)

 

Menurutnya, rencana tersebut, merupakan hal yang realistis untuk meningkatkan PNBP. Selain itu, pelat nomor dengan susunan nama, nantinya juga mendapatkan keistimewaan seperti bebas aturan Ganjil-Genap.

Irjen Firman Shantyabudi melanjutkan, “Kalau nama Yusri ada 16 orang yang mengajukan, kita lelang sampai paling tertinggi siapa, masuk ke negara lagi. Jadi mohon izin, jadi itu perhitungan PNBP yang lebih realistis.”

Irjen Firman Shantyabudi berpikir hal itu dapat menjadi sebuah pilihan dari solusi pembuatan SIM yang dijadikan target untuk penambahan PNBP tetapi malah menimbulkan korupsi dan pungli pada jajaran Korlantas. 

Kendaraan (UNSLASH/windo nugroho)

 

Irjen Firman Shantyabudi kembali mengungkapkan, “Mohon maaf, kami mohon sekali lagi SIM jangan dijadikan target Pak. Kami khawatir kasatlantas kami jualan lagi, enggak lulus, dilulus-lulusin. Sudah terjadi, yang belum waktunya pindah golongan, dipindahkan, ngejar PNBP.”

“Barangkali penawaran ini kami harapkan dukungan dari bapak, mudah-mudahan bisa segera terbit, nanti pelat nomor kita perbaiki, data ranmor kita pastikan, siapa yang berminat dengan nomor-nomor tertentu, toh masuk ke data kita sejak diterbitkan sampai ada pencatatan apabila ada di ETLE. Ini menjadi solusi alternatif untuk menambah PNBP negara,” pungkas Irjen Firman Shantyabudi.

Kalau nama lo jadi plat nomor, paduan angka dan hurufnya gimana, Kawula Muda?

Berita Lainnya