Polri Buka Kesempatan Pemain Timnas U-20 Masuk Kepolisian

Semoga bakat sepak bolanya dapat tetap berkembang ya :(

Tim nasional U-20 Indonesia yang telah dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 (INSTAGRAM/KAKANGRUDIANTO33)
Wed, 05 Apr 2023


Kepolisian Republik Indonesia sebut membuka kesempatan bagi pemain tim nasional (timnas) U-20 untuk menjadi Polisi. Hal itu diungkap oleh Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan. 

"Mekanisme pemain timnas U-20 jadi Polri bisa diwujudkan dengan ikuti seleksi rekrutmen proaktif kategori talent scouting. Tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (03/04/2023) mengutip Kompas. 

Logo Polri (ANTARA)

 

Sebagai informasi, talent scouting adalah kesempatan khusus untuk warga Indonesia dengan minat, potensi akademik, maupun non akademik untuk bergabung dengan Polri. 

Adapun penawaran ini seiring dengan ungkapan keinginan para pemain kepada Presiden Joko Widodo setelah gagal tampil di piala dunia. Ada yang menyebut ingin berkuliah, tetapi ada pula yang ingin menjadi anggota Polri, TNI, hingga PNS.

Jokowi Imbau Tetap Pertahankan Tim

Jokowi bertemu dengan anggota tim nasional U-20 Indonesia (INSTAGRAM/JOKOWI)

  

Walau begitu, Presiden Indonesia yang akrab disapa Jokowi, mengharapkan tim yang sudah dibentuk dapat terus dibangun secara berkelanjutan.

"Dan tadi saya sampaikan bahwa ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus-menerus berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Timnas U-20 Indonesia dibubarkan secara resmi pada Sabtu (01/04/2023). Hal itu dikarenakan Piala Dunia U-20 2023 batal diselenggarakan di Indonesia sehingga kehilangan slot dalam laga tersebut sebagai tuan rumah. 

Harapan Pemain Timnas U-20

Tim nasional Indonesia U-20 (INSTAGRAM/SHINTAEYONG7777)

 

Menghadapi pembubaran tim, respons pun diberikan oleh salah satu penyerang timnas Indonesia U-20, Hokky Charaka. Pada Minggu (02/04/2023) lalu, ia menyebut adanya rencana tim mereka tetap dipertahankan sebagai satu kesatuan. 

"Tadi, presiden berencana anak-anak Timnas U-20 ini akan digabungkan dalam satu tim biar chemistry kita gak hancur," kata Hokky mengutip Bola.

Walau begitu, Hokky mengaku tidak mengetahui secara pasti seperti apa formasi tim yang akan dibentuk tersebut. Ia hanya dapat berharap kesatuan tim tersebut dapat mengikuti kompetisi resmi di Indonesia, seperti Liga 1 Indonesia. 

“Jadi, semoga segera terwujud harapan dari Pak Jokowi," tutur Hokky.

Shin Tae Yong Harap Tim Tetap Bersatu

Tim nasional Indonesia U-20 (INSTAGRAM/SHINTAEYONG7777)

  

Pelatih Timnas U-20, Shin Tae Yong, menyebut tidak hanya para pemain, seluruh tim yang mempersiapkan Piala Dunia tersebut juga dibubarkan. 

"Pak presiden tadi bicara, dia selalu nonton pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik tapi sangat disayangkan piala dunia tidak bisa digelar dan kita tidak bisa ikut," ucap Shin Tae Yong kala itu mengutip CNNIndonesia. 

Walau begitu, senada dengan Jokowi, sang pelatih berharap semua pemain timnas tetap bekerja keras di dunia sepak bola. Menurutnya, ini adalah kondisi saat mereka harus kuat dan bangkit kembali di kesempatan berikutnya. 

Berita Lainnya