Potret Pantai Terkotor Penuh Sampah di Indonesia, Ada di Banten!

Segala tumpukan sampah ada di pantai ini!

Penampakan pantai terkotor di Indonesia, pantai teluk di kawasan Labuan, Pandeglang, Banten (Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO)
Tue, 23 May 2023


Kondisi memprihatinkan terlihat di Pantai Labuan, Desa Teluk, Banten. Sepanjang mata memandang, terlihat Pantai Teluk tersebut tertutup oleh berbagai jenis sampah.

Bahkan, siapa pun yang melihatnya menganggap penumpukan sampah tersebut sangat sulit dibersihkan, sebab menutupi hampir seluruh lokasi pantai.

Potret aksi bersih-bersih pantai terkotor di Teluk Banten (DOK PANDAWARA)

Bahkan, air laut di pantai tersebut juga menjadi keruh akibat tercemar sampah dan membuat banyak ikan mati. Tidak hanya sampah plastik dan sejenisnya, Pantai Labuan juga ditutupi oleh sampah kain, boneka, dan masih banyak lagi.

Pantai yang diklaim sebagai pantai terkotor di Indonesia tersebut kemudian viral dan membuat para relawan bersama warga membersihkan pantai terkotor tersebut.

Salah satu relawan yang membersihkan pantai terkotor di Indonesia tersebut adalah grup Pandawara.

"Siapa pun dia, tetap masalah lingkungan itu tanggung jawab kita semua," kata personel Pandawara Group, Ikhsan Destian, melansir Detik, Selasa (23/05/2023).

Sebuah pantai di Banten penuh dengan sampah dan dibersihkan oleh relawan Pandawara Group (DOK PANDAWARA)

Ikhsan menyebut Pantai Teluk menjadi pantai dengan sampah paling banyak yang pernah mereka bersihkan sejauh ini. Dia menyebut ada sekitar 1.200 karung sampah yang sudah dikumpulkan.

"Setahunnya berjalan kami, ini merupakan bisa disebut pantai terekstrem yang pernah kita lakuin clean-up, karena ketebalan bisa sampai satu sampai 2 meter itu masih ke dasarnya pun masih jauh dan diperkirakan tadi menurut warga setempat pun tumpukan itu sampah," ujarnya.

Para siswa, relawan, dan warga menyambut baik aksi bersih-bersih Pantai Labuan. Semua pihak berharap, aksi bersih-bersih ini dapat mengurangi pencemaran lingkungan di perairan pesisir.

Berita Lainnya