Ofisial dan Suporter Indonesia Bersih-bersih Sampah di Area SEA Games 2023

Semoga hal baik ini bisa menjadi kebiasaan di mana saja ya, Kawula Muda!

Aksi ofisial Indonesia dan suporter Indonesia bersih-bersih di SEA Games 2023 menuai banyak pujian (TIKTOK/smiledavidmc, kang_deerman)
Mon, 22 May 2023


SEA Games 2023 tidak hanya menorehkan banyak prestasi bagi para atlet Indonesia yang bertanding. Secara keseluruhan, Indonesia dapat dikatakan meninggalkan kesan baik bagi gelaran SEA Games 2023 Kamboja.

Pasalnya, beredar video viral di media sosial yang menunjukkan aksi terpuji baik dari ofisial Indonesia maupun suporter Indonesia di gelaran SEA Games 2023, Kawula Muda.

Melalui video yang dibagikan oleh akun TikTok @smiledavidmc, terlihat salah satu tim medis Indonesia membersihkan sampah di pinggir venue Boat Race, Prek Kampot, Kampot City.

Aksi ofisial Indonesia bersih-bersih di SEA Games 2023 menuai banyak pujian (TIKTOK/smiledavidmc)

Melansir IDN, Matias mengaku melakukan hal tersebut karena sedang ada jeda pertandingan dan di sekitar venue ada sampah yang harus dibersihkan, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, menurut Matias, warga Kamboja mengapresiasi dan memuji apa yang dilakukan oleh para tim dari luar negara mereka. Sebelumnya, suporter Vietnam juga melakukan hal tersebut.

"Kalau buat mereka, itu jadi hal yang menarik. Sebab, mereka merasa, ada orang luar lalu bersih-bersih, itu sebagai tindakan penghormatan dan jadi hal terpuji," kata Matias seperti yang dikutip dari IDN, Senin (22/05/2023).

Tidak Hanya Ofisial, Suporter Indonesia juga Bersih-Bersih di Stadion

Hal terpuji yang dilakukan Indonesia di SEA Games 2023 juga tidak berhenti sampai di situ, Kawula Muda. Dalam euforia kemenangan final sepak bola SEA Games 2023 pada Selasa (18/05/2023), suporter Indonesia juga melakukan aksi bersih-bersih di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Dengan kompak, melalui banyaknya unggahan di media sosial, suporter Indonesia mengumpulkan sampah di stadion usai pertandingan selesai.

Aksi suporter Indonesia bersih-bersih di final SEA Games 2023 menuai banyak pujian (TIKTOK/kang_deerman)

Para suporter yang duduk di barisan tribune Indonesia tersebut terlihat sibuk bekerja sama mengumpulkan sampah yang ada di barisan penonton. Tidak hanya berseliweran naik turun tangga memindahkan sampah yang sudah penuh di plastik, para suporter yang masih duduk pun bekerja sama dengan mengestafetkan sampah yang mereka temukan, Kawula Muda.

Aksi tersebut menuai beragam pujian dan apresiasi di sosial media. Warganet berharap, aksi terpuji ini tidak hanya terjadi di momen SEA Games 2023, tapi di setiap pertandingan maupun kesempatan apa pun, Kawula Muda.

Semoga aksi terpuji ini bisa menjadi budaya baru bagi masyarakat Indonesia di mana saja, ya!

Berita Lainnya