Presiden Jokowi Ingatkan Protokol New Normal, Begini Cara Hindari Penyebaran Virus di Tempat Kerja

Hai Kawula Muda, mulailah untuk beradaptasi dengan keadaan sekarang yah.

Presiden RI Joko Widodo. (INSTAGRAM/JOKOWI).
Fri, 11 Sep 2020

Pandemi Covid-19 yang menimpa Indonesia dan dunia menyebabkan banyak sekali perubahan dalam gaya hidup masyarakat. Suka atau tidak suka, setiap orang dihadapkan pada situasi yang tidak biasa.

Cara menyikapi hal ini tentu saja tidak mudah. Setiap orang harus bisa beradaptasi dengan situasi baru ini dan terus maju.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan bahwa proses adaptasi ini bisa menjadi kebiasaan baru yang bagus, misalnya untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Jokowi menegaskan bahwa tidak ada satu pun negara yang siap menghadapi pandemi Covid-19 ini. Kondisi new normal harus dihadapi setiap negara. Setiap  orang harus memiliki kesadaran untuk melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Lingkungan perkantoran menjadi salah satu area yang harus dengan ketat menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi new normal.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membantu mengurangi penyebaran virus di tempat kerja.

1. Ketahuilah, virus corona menyebar lewat cairan tubuh


Ilustrasi Flu. (FREEPICK)

 

Virus Covid-19 menyebar melalui perantara cairan tubuh. Penyebarannya bisa dari air liur, cipratan air yang keluar saat bersin, hingga saat bernapas. 

2. Bersihkan secara rutin ruang kerjamu


Ilustrasi membersihkan meja. (FREEPIK)

 

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, cara yang paling sederhana ialah menjaga kebersihan ruang kerja. Gunakan disinfektan secara rutin dan siapkan sanitizer di tempat umum. Cucilah tangan secara rutin.

3. Gunakan masker dan sediakan tisu



Ilustrasi wanita, masker, dan tisu. (FREEPIK)

 

Sediakan cadangan masker dan tisu bagi karyawan yang bermasalah dengan hidung meler atau bersin. Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung setiap kali bersin. Lalu segera buanglah tisu atau masker bekas, ke tempat sampah.

4. Tingkatkan kesadaran orang-orang akan virus corona


Ilustrasi wanita, masker, dan tisu. (FREEPIK)

 

Luangkan waktu untuk penyuluhan setiap pribadi, baik dari media sosial atau penyebaran informasi yang ada di kantor.

5. Istirahatlah jika tubuh sedang tidak sehat.


Ilustrasi sakit di rumah. (iStockphoto)

 

Pahamilah, bahwa penyebaran virus corona bisa lewat batuk. Jika kamu merasa tubuhmu sedang tidak dalam kondisi yang optimal, usahakan untuk beristirahat di rumah dan hindari kontak dengan sekitar.

6. Jangan bepergian untuk sementara waktu


Ilustrasi bandara. (Thinkstockphotos.com)

 

Mari bersama-sama menahan diri untuk tidak traveling  sementara waktu. Jika keadaan mendesak, pelajarilah ketentuan pergi keluar kota atau daerah yang ada di situs terpercaya.

Berita Lainnya