Promotor Good Vibes Festival akan Tuntut The 1975 ke Meja Hijau

Matty Healy dan band The 1975 dilarang untuk ke Malaysia! simak penjelasannya!

Matty Healy di Malaysia Fest (TWITTER/MrsBarnesII)
Wed, 26 Jul 2023

Matty Healy, vokalis The 1975 atas mencium rekan satu bandnya, Ross MacDonald di Good Vibes Festival, Kuala Lumpur, Malaysia (21/07/2023) berpotensi dituntut melalui jalur hukum oleh pihak promotor festival tersebut.

Diketahui, Pemerintah Malaysia langsung menghentikan festival musik yang harusnya berlangsung selama tiga hari tersebut, setelah band tersebut merusak drone, meludah di panggung, berciuman di depan umum hingga mengkritik kebijakan Malaysia tentang aturan anti LGBT. 

Wan Alman selaku Direksi Future Sound Asia, promotor dari Good Vibes Festival mengkonfirmasi bahwa perusahaannya tengah mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum terhadap The 1975 karena telah menyebabkan kerugian besar bagi promotor.

Pemerintah Malaysia akan usut The 1975 dan tidak akan mengundang band tersebut di negaranya (PEOPLE)

 

Promotor juga terkena imbas untuk mengembalikan dana (refund) dari tiket para penonton yang tidak puas karena pembatalan sisa hari festival tersebut. 

Dilansir dari Billboard, Tim Epstein selaku pengacara terkemuka untuk festival independen di Amerika Utara, turut menjelaskan bahwa penyelenggara festival mungkin dapat mengajukan tuntutan hukum terhadap The 1975.

Selain itu, Epstein melihat bagaimana kontrak antara promotor dan band, apakah menyangkut tentang perilaku yang melanggar hukum dari pidato yang dilakukan Matty.

Di samping itu, Malaysia memiliki aturan tersendiri untuk musisi luar negeri yang menggelar pentas di negaranya harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan negara. Di antaranya, larangan laki-laki menggunakan celana pendek di panggung dan melarang perempuan berpenampilan terbuka terutama di daerah dada dan pakaian yang terlalu pendek. 

Future Sound Asia, hingga saat ini masih dalam tahap mempertimbangkan langkah apa yang akan dilakukan oleh perusahaan kepada Matty Healy dan The 1975 terkait dampak kerugian pendapatan promotor.

Menteri Komunikasi Malaysia, Fahmi Fadzil lewat akun Twitter resminya ikut menyerukan, “Tak akan ada kompromi untuk pihak mana pun yang menantang, meremehkan, dan melanggar hukum Malaysia.”

Selain itu, Band The 1975 dikabarkan telah dilarang tampil kembali di Malaysia. Di samping itu, The 1975 kini telah membatalkan beberapa sisa pertunjukan mereka, termasuk di We The Fest Jakarta dan konser di Taipei, Taiwan.

Berita Lainnya